alexametrics
Minggu, 09 Aug 2020
radartulungagung
Home > Trenggalek
icon featured
Trenggalek

Tangguh Lawan Covid-19, Trenggalek Bisa New Normal

29 Mei 2020, 09: 00: 14 WIB | editor : Alwik Ruslianto

ONLINE: Bupati Mochamad Nur Arifin beserta istri dan para unsur forkopimda saat berkomunikasi dengan para anggota IKAT yang tersebar di berbagai daerah, termasuk Wagub Emil Elestianto Dardak

ONLINE: Bupati Mochamad Nur Arifin beserta istri dan para unsur forkopimda saat berkomunikasi dengan para anggota IKAT yang tersebar di berbagai daerah, termasuk Wagub Emil Elestianto Dardak (DOKPIM DAN KOMINFO FOR RADAR TRENGGALEK)

KOTA, Radar Trenggalek - Kegigihan dan kepatuhan  warga Trenggalek dalam menghadapi pandemi Covid-19 mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak. Wagub berharap Trenggalek bisa menjadi daerah percontohan new normal di Jatim. Menurut wagub, ini justru menjadi saat yang tepat bagi Trenggalek untuk segera bangkit dan meneruskan program daerah.

Apresiasi tersebut disampaikan dalam Halalbihalal Online Ikatan Keluarga Asal Trenggalek (IKAT) dan Ngaji Bareng Gus Miftah. Halalbihalal dilaksanakan secara virtual, yaitu bupati beserta unsur forkopimda di smart Center Pendapa Manggala Praja Nugraha, terhubung dengan Wagub Emil, Gus Miftah, dan anggota IKAT yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia maupun di luar negeri melalui aplikasi Zoom.

Wagub menyampaikan, kesadaran yang tinggi dari masyarakat dan kesigapan gugus tugas sampai di tingkat desa membuat Trenggalek tidak memiliki banyak pasien positif Covid-19. Jikapun ada, dari tujuh orang yang dinyatakan positif terjangkit, memiliki riwayat tinggal atau bepergian maupun tertular dari warga yang datang dari luar Trenggalek. Sehingga tidak ada penularan atau transmisi lokal Covid-19 di Trenggalek.

Bupati Mochamad Nur Arifin beserta istri.

Bupati Mochamad Nur Arifin beserta istri. (DOKPIM DAN KOMINFO FOR RADAR TRENGGALEK)

“Kita bersyukur untuk Trenggalek. Di Trenggalek situasi aman terkendali, sebagian besar sembuh.  Kita berharap ini kesempatan Trenggalek bisa meneruskan program Meroket (maju ekonomi rakyatnya, orang-orangnya kreatif, dan ekosistem yang terjaga).  Pelaku ekonomi dan pariwisata, jika semua tertib protokol Covid-19, menjadi  daya saing luar biasa,” ucap Wagub Emil.

Wagub mencontohkan sektor pariwisata. Seiring dengan upaya penurunan angka korban Covid-19, Trenggalek bisa bersiap menyambut para wisatawan yang mungkin enggan jika harus bepergian jauh, seperti ke Bali atau ke luar negeri. Dengan kondisi Trenggalek yang aware dan sigap terhadap Covid-19, bisa jadi Trenggalek menjadi kota pilihan untuk berwisata. “Trenggalek sudah bisa new normal. Misal di tempat pariwisata diterapkan kuota, berapa besar wisatawan yang boleh masuk,” kata wagub.

Disinggung juga sebagai gugus tugas bidang sosial, wagub menyampaikan rencana menghidupkan BUMDes dengan stimulasi dana dari provinsi. Dari rencana 100 BUMDes, diharapkan satu di antaranya ada di Trenggalek. “Kita harapkan ekonomi kembali berjalan. UKM mau bangkit dan  harus berbenah, perbaiki kemasan, dan promosi digital dijalankan. Saya pengen Trenggalek jadi contoh bahwa Covid-19 membawa berkah. Trenggalek mampu dalam daya saing ekonomi dan sukses menjadi model percontohan, menginspirasi kota/kabupaten lainnya,” ucap Wagub Emil.

Atas harapan wagub ini, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menjawab optimistis, Trenggalek bisa segera melewati masa pandemi Covid-19 ini. “Kita bukan menjadi episentrum dan belum ada transmisi lokal. Sebenarnya kita bisa punya kekuatan untuk mendeklarasikan diri menjadi new normal,” ucap bupati.

Namun, bupati menegaskan, dengan adanya new normal, justru harus lebih waspada. Sehingga dengan adanya paket-paket new normal yang diluncurkan nantinya, tetap mengutamakan keselamatan warga masyarakat Kabupaten Trenggalek. “Pembatasan akan tetap kita lakukan, check point malah akan semakin kita perketat, setiap pendatang didata. Jadi sekali lagi, tanpa mengorbankan keselamatan warga masyarakat Kabupaten Trenggalek. Karena ini yang paling penting,” tegas bupati. (ed/tin)

(rt/pur/alwk/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia