alexametrics
Rabu, 08 Jul 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung
Antisipasi,

Lakukan Screening Mandiri Covid-19 Melalui Aplikasi Mobile JKN

29 Mei 2020, 10: 43: 23 WIB | editor : Retta wulansari

Lakukan Screening Mandiri Covid-19 Melalui Aplikasi Mobile JKN

Tulungagung, Jamkesnews – Tetap bekerja secara profesional di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) saat ini, merupakan tantangan terbesar David Febrian Kurniawan (24) sebagai security. Peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) asal Tulungagung ini mengaku was-was karena setiap hari kontak dengan orang lain secara langsung.

“Sebenarnya takut, tetap ikitakan sudah mengikuti prosedur, jaga jarak, sudah pakai masker dan face shield, sarung tangan, juga sering cuci tangan,” ucap Pria yang akrab dipanggil David ini.

Sebagai antisipasi terhadap kondisi kesehatannya yang rentan terpapar Covid-19, David mengaku terbantu dengan adanya fitur Skrining Mandiri Covid-19 yang tersedia pada aplikasi Mobile JKN.

“Di aplikasi Mobile JKN ada fitur Skrining Mandiri Covid-19, jadi dengan ini terbantu, kita bias mengantisipasi, jaga-jaga seumpama ternyata ada indikasi atau tanda-tanda positif bias langsung periksa,” terangnya.

David menyebutkan ada beberapa pertanyaan yang muncul pada fitur Skrining Mandiri Covid-19 tersebut. Diantaranya seperti kondisi kesehatan saat ini yang menunjukkan gejala Covid-19, riwayat perjalan kenegara/kota terdampak Covid-19, kontak dengan orang dengan gejala maupun terkonfirmasi positif Covid-19, serta adakah pengalaman/sedang memiliki riwayat beberapa penyakit.

“Ada sekitar belasan pertanyaan. Dan Alhamdulillah hasilnya resiko rendah. Saya diminta untuk sering cuci tangan dengan sabun, makan makanan bergizi, dan melakukan olahraga secara teratur,” jelas David.

Dari hasil screening tersebut, David merasa nyaman kontak dengan orang lain karena tidak berpotensi menularkan. Namun dirinya menegaskan tetap menjaga dan melaksanakan protocol pencegahan penyebaran Covid-19. David berharap masyarakat juga tetap patuh pada anjuran Pemerintah untuk di rumah saja.

“Saya berharap masyarakat mematuhi anjuran Pemerintah. Tetap di rumah saja. Bagi peserta JKN-KIS bias memanfaatkan aplikasi Mobile JKN, bias mengurus kepesertaannya di rumah, sehingga tidak berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, bias melakukan screening kesehatan juga, fitur Skrining Mandiri Covid-19,” pungkasnya. (ar/ck)

(rt/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia