alexametrics
Selasa, 14 Jul 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

2 Karyawan Apollo Supermall Negatif Covid-19

Jamin Sterilisasi dan Kebersihan Mall

03 Juni 2020, 09: 08: 30 WIB | editor : Retta wulansari

KEMBALI AKTIVITAS: Sutinah (Kiri dan Firnandia menunjukan surat keterangan hasil swab negatif Covid-19

KEMBALI AKTIVITAS: Sutinah (Kiri dan Firnandia menunjukan surat keterangan hasil swab negatif Covid-19 (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung – Kabar gembira datang dari Apollo Supermall. Bagaimana tidak, dua karyawannya, yakni Sutinah dan Firnanda Dwi Nuriawati resmi dinyatakan negatif covid-19 berdasarkan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR). Dengan demikian, keduanya dinyatakan selesai masa karantina dan dapat kembali beraktivitas.

Wakil Juru bicara (jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro membenarkan hal tersebut. Dalam konferensi pers pada Minggu (31/5) lalu, Tim GTPP Covid-19 merilis 10 nama yang selesai masa karantina.

“Betul ada 10 nama yang kami nyatakan selesai karantina, karena hasil pemeriksaan swab hidung dan tenggorokan dinyatakan negatif, dua di antaranya adalah karyawan Apollo Supermall,”jelasnya.

Galih mengatakan, kesepuluh nama ini sebelumnya dinyatakan reaktif rapid diagnostic test (RDT). Sehingga diharuskan menjalankan karantina beberapa waktu di Rusunawa IAIN Tulungagung, sampai hasil pemeriksaan swab dinyatakan negatif.

Meskipun dinyatakan reaktif, namun Galih menegaskan jika mereka belum tentu positif covid-19. Untuk itu dengan dinyatakan negatif ini, ia berharap masyarakat tidak memberikan stigma negatif. “RDT kemarin itu hanya screening awal, jadi jangan tergesa-gesa memberi stigma negatif. Saya harap masyarakat dapat memahami itu. Sementara untuk yang sudah selesai masa karantina saya imbau tetap menerapkan protap Kesehatan,”imbaunya.

Sementara itu, Manajer Operasional Apollo Supermall, Sutinah, mengaku senang dapat kembali beraktivitas setelah 10 hari menjalani karantina di Rusunawa IAIN Tulungagung. Ia mengatakan, lamanya masa karantina yang ia jalani bukan karena kondisinya yang buruk, melainkan membludaknya sampel spesimen yang harus diperiksa. Sehingga diperlukan beberapa waktu untuk dapat mengetahui hasil. “Selama karantina kami justru mendapat berbagai edukasi mengenai pentingnya protokol Kesehatan, sehingga kami menjadi lebih mandiri dan lebih aware dengan kebersihan dan Kesehatan kami,”jelasnya.

Tina, sapaan akrabnya mengatakan, dengan resmi dinyatakan negatif swab, ia bertekad untuk mengajak seluruh pegawai Apollo Supermall untuk bersama-sama menerapkan protap Kesehatan covid-19. Terlebih kini pemerintah sedang gencar untuk persiapan menuju new normal. “Tentu setelah pulang dari karantina ini saya beraktivitas seperti biasa, namun dengan tetap disiplin protokol Kesehatan. Saya juga akan mengajak seluruh pegawai di Apollo Supermall untuk menerapkan hal yang sama,”terangnya.

Sebagai supermall terbesar di Tulungagung, Apollo Supermall tentu saja akan mengikuti kebijakan-kebijakan pemerintah. Termasuk persiapan menuju new normal. Berbagai budaya atau kebiasaan yang sedang gencar diterapkan adalah pengecekan suhu menggunakan thermogun di setiap titik pintu masuk. Ini dilakukan sebagai screening awal sebelum masuk mall. Selain pengecekan suhu badan, juga disediakan tempat untuk cuci tangan. Sehingga memudahkan pengunjung untuk melakukan cuci tangan. “Dengan adanya tempat-tempat cuci tangan di beberapa titik ini, semoga juga dapat mengajak masyarakat untuk senantiasa hidup bersih,”imbuhnya.

Wanita ramah ini pun menambahkan, selain penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung untuk new normal, pihak Apollo Supermall juga menjamin kebersihan di seluruh fasilitas mall. Ini dikarenakan tim selalu melakukan pembersihan dan melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan secara berkala. Terutama kepada fasilitas-fasilitas umum yang sering dikunjungi dan digunakan oleh pengunjung. Seperti bagian pegangan escalator, pintu kaca, dan lain-lain. Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir, sebab pihaknya telah menjamin kebersihan dan sterilisasi mall. “Saya pastikan seluruh fasilitas kami selalu terjaga sterilisasinya. Kami juga selalu melakukan penyemprotan disinfektan pada fasilitas mall. Jadi masyarakat saya harap tidak perlu takut dengan hal itu,”tandasnya.

Dengan pemberlakuan protap Kesehatan secara ketat, Apollo Supermall tetap buka seperti biasa. Sehingga bagi masyarakat Tulungagung maupun sekitar Tulungagung dapat berkunjung seperti biasa.

"Jadi bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Apollo Supermall, kami informasikan bahwa Apollo Supermall tetap buka seperti biasa. Hanya saja dengan protokol Kesehatan yang cukup ketat. Ini kami lakukan sebagai upaya kami untuk mendukung pemerintah dalam menyambut new normal dan memutus rantai penyebaran virus covid-19,"tandasnya.

(rt/nda/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia