alexametrics
Minggu, 09 Aug 2020
radartulungagung
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Juli, Tahun Ajaran Baru Dimulai

Proses KBM Tetap Daring, PPDB Sesuai Jadwal

15 Juni 2020, 10: 00: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Infografis

Infografis

KOTA, Radar Tulungagung - Ribuan siswa di Kota Marmer sebaiknya segera melakukan persiapan belajar menjelang tahun ajaran baru 2020/2021. Sebab, Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jawa Timur (Jatim) memastikan tahun ajaran 2020/2021 akan dimulai pada 13 Juli mendatang. Sebelumnya, sempat mencuat kabar di berbagai media sosial, tahun ajaran 2020/2021 akan dimulai pada Januari 2021 mendatang.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jatim wilayah Tulungagung-Trenggalek Solikin memastikan, meskipun tahun ajaran dimulai pada 13 Juli, proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap dilakukan daring (online). Ini karena belum ada tanda-tanda menurunnya kasus coronavirus disease (Covid-19) di Jatim. “Tahun ajaran tetap dimulai seperti jadwal yang telah tersusun, yaitu 13 Juli. Tapi siswa belum masuk secara fisik ke sekolah sehingga KBM tetap daring,”jelasnya.

 Solikin melanjutkan, salah satu alasan mengapa tahun ajaran tetap dilaksanakan sesuai jadwal, karena ada berbagai faktor. Salah satunya, kelulusan siswa jenjang SD hingga SMA telah diumumkan. Artinya, siswa yang telah lulus ini harus segera melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya. “Kan tidak mungkin anak-anak yang sudah lulus ini hanya diam tidak belajar, kasian mereka. Ini yang menjadi pertimbangan agar tahun ajaran baru tidak ditunda,”bebernya.

Meskipun tahun ajaran baru tetap dilaksanakan Juli mendatang, Solikin belum dapat memastikan kapan proses KBM tatap muka dapat dilaksanakan kembali. Karena hingga kini belum ada keputusan apa pun, baik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) maupun dari Dispendik Provinsi Jatim.

Selain pembukaan tahun ajaran baru, pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) juga dilaksanakan sesuai jadwal. Dikutip dari website resmi PPDB Jatim, hari ini (15/6) merupakan pendaftaran tahap 1 untuk jenjang SMA/SMK. Pendaftaran kali ini diperuntukkan siswa-siswi yang akan mengikuti seleksi menggunakan jalur afirmasi, perpindahan orang tua/wali, dan prestasi hasil perlombaan. Pendaftaran akan dilakukan selama dua hari, yakni 15-16 Juni 2020 secara online melalui website resmi PPDB Jatim.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora) Kabupaten Tulungagung Hariyo Dewanto Wicaksono membenarkan jika tahun ajaran baru tetap dilaksanakan Juli mendatang. Meski demikian, kalender akademik dapat disesuaikan dengan kondisi di daerah masing-masing. “Rata-rata tetap 13 Juli itu untuk pembukaan tahun ajaran baru,” jelasnya ketika dikonfirmasi melalui saluran telepon.

Pria yang akrab disapa Yoyok ini melanjutkan, sama seperti halnya dengan SMA/SMK, untuk jenjang SD dan SMP pun proses KBM tetap dilaksanakan melalui sistem daring. Guru diberi kebebasan untuk menyampaikan materi melalui grup WhatsApp maupun media lain. Proses penilaian pada siswa pun dapat disesuaikan kondisi di sekolah masing-masing, dengan tetap mengutamakan standar sesuai aturan.

Disinggung mengenai pelaksanaan PPDB, dia mengatakan, nyaris tidak ada kendala cukup berarti dalam pelaksanaan PPDB. PPDB jalur prestasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua/wali telah dilaksanakan sejak 8-10 Juni lalu untuk jenjang SD dan SMP. Sementara untuk jalur zonasi akan dilaksanakan pada 22-24 Juni mendatang. (*)

(rt/nda/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia