alexametrics
Sabtu, 04 Jul 2020
radartulungagung
Home > Features
icon featured
Features
Tampil Cantik meski Bermasker

Tonjolkan Riasan Area Mata

21 Juni 2020, 19: 30: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

ANGGUN: Diperagakan model, Eky mengenakan eyeshadow untuk mempertajam riasan mata.

ANGGUN: Diperagakan model, Eky mengenakan eyeshadow untuk mempertajam riasan mata. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

Memasuki fase kehidupan baru atau new normal, mengenakan masker saat keluar rumah menjadi sebuah keharusan. Meskipun wajib bermasker, bukan menjadi halangan untuk tetap dapat tampil cantik saat bepergian. Riasan mata menjadi fokus utama untuk tetap tampil cantik meskipun bermasker. Lantas bagaimana tips pengaplikasian make up meskipun harus mengenakan masker?

Bagi kaum hawa yang senang mengenakan riasan, tentu kebiasaan mengenakan masker saat bepergian dapat memengaruhi gaya berdandan. Beauty enthusiast sekaligus make up artist (MUA) asal Tulungagung, Rifa Arhas mengatakan, saat mengenakan masker, hampir separo bagian wajah akan tertutup masker. Untuk itu, kunci paling tepat adalah fokus riasan pada bagian mata. “Karena ini satu-satunya area yang tidak tertutup. Selain itu, riasan mata juga dapat menjadi kunci untuk menampilkan karakter seseorang,” jelasnya.

Rifa melanjutkan, karena hampir separo wajah tertutup masker, tidak perlu terlalu menonjolkan riasan pada bagian wajah. Teknik berdandan seperti menonjolkan kontur pada area pipi dan perona pipi juga sebaiknya dihindari. Tak hanya itu, penggunaan lipstick atau perona bibir dengan hasil akhir glossy juga sebaiknya dihindari. Selain tidak nampak, dikhawatirkan riasan ini akan lebih mudah menempel pada bagian dalam masker. “Sehingga akan percuma kalau menggunakan teknik rias semacam itu. Masker juga akan mudah kotor karena riasan menempel di bagian dalam,”imbuhnya.

Untuk penggunaan masker yang hampir seharian, ibu satu anak ini menyarankan sebaiknya mengganti lipstick glossy ke matte. Selain lebih kering, kecil kemungkinan lipstick jenis ini menempel pada area masker. Gunakan lipstick dengan warna-warna lembut dan natural seperti nude, pink nude, maupun cokelat untuk melengkapi penampilan. “Lipstick jenis matte bisa apa saja, mulai lip cream maupun lipstick tube biasa. Yang terpenting, memberikan hasil akhir matte,” terangnya.

Sementara untuk riasan mata yang menjadi fokus utama, Rifa menyarankan menggunakan eyeshadow dengan warna-warna bernuansa warm undertone. Seperti cokelat, oranye, dan nude karena memberikan kesan natural, tapi tampak tegas. Bubuhkan eyeshadow dengan warna-warna tersebut pada bagian kelopak mata untuk tampilan natural. Jika ingin tampil lebih berani, dapat menggunakan teknik smokey eye natural. Campurkan warna lebih gelap dan muda pada area kelopak mata. Semakin mendekati area kelopak, maka warna yang digunakan semakin muda atau terang. “Smokey eye ini cocok untuk acara formal. Kalau untuk pergi belanja atau ke kantor sebaiknya menggunakan warna-warna natural,” imbuhnya.

Tak kalah penting, wanita 25 tahun ini mengimbau para kaum hawa agar mengutamakan kebersihan sebelum berdandan. Baik kebersihan tangan maupun peralatan make up seperti brush dan beauty blender. Untuk itu, sebelum mulai merias, pastikan tangan dan alat make up dalam keadaan bersih. Sebab, peralatan make up yang kotor juga menjadi tempat strategis timbulnya kuman maupun bakteri yang lain. “Usahakan setelah digunakan untuk segera dicuci atau dibersihkan sehingga tidak menimbulkan penyakit kulit,” tandasnya. (*)

(rt/nda/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia