alexametrics
Minggu, 09 Aug 2020
radartulungagung
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

PPDB Tahap III Tersedia Kuota 25%

25 Juni 2020, 10: 00: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

LENGANG: Siswa usai mengembalikan buku materi di SMAN 1 Kedungwaru beberapa waktu lalu.

LENGANG: Siswa usai mengembalikan buku materi di SMAN 1 Kedungwaru beberapa waktu lalu. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

Sementara itu, sama seperti jenjang SMP, PPDB tahap II jenjang SMA resmi ditutup kemarin (24/6). Penerimaan tahap II ini dikhususkan bagi calon siswa yang akan mengikuti jalur zonasi.

Koordinator Operator PPDB SMA Kabupaten Tulungagung, Yulius Satria Hendrata mengatakan, secara garis besar tidak ada kendala cukup berarti pada pelaksanaan PPDB tahap II ini. Namun, dia tak menampik persaingan pada jalur zonasi lebih ketat tahun ini jika dibandingkan tahun sebelumnya. “Keseluruhan PPDB kali ini tidak serumit tahun lalu. Hanya, siswa dituntut lebih mandiri,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Lius ini melanjutkan, kuota zonasi yang hanya sebesar 50 persen dan dihapuskannya sistem wilayah membuat persaingan pada jalur ini kian sengit. Jika sebelumnya dalam satu kabupaten terbagi menjadi beberapa wilayah zona kecamatan, kini hal tersebut telah dihapus. Sehingga batas wilayah zona berdasarkan kabupaten atau kota, bukan kecamatan.

Infografis

Infografis

Sementara itu, bagi ratusan calon siswa yang belum diterima pada tahap II dapat mengikuti seleksi pada tahap III yang dimulai hari ini. Setidaknya 25 persen kuota disediakan untuk seleksi tahap ini. Jika pada tahap II seleksi didasarkan pada jarak tempat tinggal ke sekolah, kali ini seleksi berdasarkan rerata nilai rapor semester 1 hingga 5. “Teknisnya sama seperti zonasi. Namun yang diukur adalah nilai rapor,”terangnya.

Nantinya, siswa memiliki kesempatan untuk memilih tiga pilihan sekolah. Namun, Lius mengimbau agar siswa lebih cermat dalam menentukan pilihan. Terutama untuk mengukur kemampuan dan nilai yang diterima. “Karena ini kesempatan terakhir, jadi harus lebih cermat lagi. Siswa harus dapat mengukur kalau saya ke sini kira-kira nilai saya masuk atau terlempar dan sebagainya,” imbaunya.

Sekadar informasi, seleksi PPDB tahap III dilaksanakan dengan sistem online melalui website resmi PPDB Jatim. Pendaftaran tahap III akan berakhir pada Sabtu mendatang (27/6). Sebelum mendaftar di tahap III, calon siswa dapat melihat nilai akhir yang digunakan dalam perangkingan pada website PPDB Jatim. (*)

(rt/nda/alwk/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia