alexametrics
Minggu, 09 Aug 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

PUNYA JKN-KIS, TIDAK PERLU PUSING BIAYA BEROBAT

25 Juni 2020, 10: 00: 40 WIB | editor : Retta wulansari

PUNYA JKN-KIS, TIDAK PERLU PUSING BIAYA BEROBAT

Sejak bergabung dengan korps berseragam coklat, KepalaS eksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Pacitan, Masrun (37) telah beberapa kali merasakan manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Menurutnya, program Pemerintah ini berguna ketika masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan terutama untuk layanan rawati nap, karena banyak membantu dalam sis ifinansial. Peserta JKN-KIS tidak perlu pusing memikirkan biaya berobat.

“Program ini banyak kelebihannya, bagi yang tidak mampu jadi tidak perlu membayar (pelayanan kesehatan, -red), bagi yang mampu dan ingin naik ke kelas yang lebih tinggi (saat rawat inap, - red) jadi bias dapat keringanan biaya,” jelas pria asal Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat itu.

Masrun lantas menceritakan pengalamannya ketika proses kelahiran anak keduanya yang menggunakan JKN-KIS. Saat itu ada penyulit, sehingga istrinya harus menjalani operasi sesar, dan biayanya dijamin Program JKN-KIS.

“Saya terbantu sekali itu, karena menggunakan JKN jadi ringan biayanya, padahal harus operasi sesar,” tuturnya.

Selain itu, ketika anak pertamanya mengalami sakit demam, tanpa ragu Masrun mengurus administrasi sebagai peserta JKN-KIS. Sebab menurut pengalaman Masrun, proses administrasi menggunakan JKN-KIS tidak ribet, sehingga tanpa piker panjang dirinya menggunakan JKN-KIS ketika anaknya membutuhkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

“Sudah pengalaman, mudah pakainya, tinggal info saja mau menggunakan JKN, langsung ditangani,” ucap Masrun.

Dirinya merasa bahwa program ini sangat bermanfaat dan sangat membantu. Oleh karena itu, pria yang telah tinggal di Kabupaten Pacitan selama 1,5 tahun tersebut menghimbau agar masyarakat yang belum mendaftarkan diri dan keluarganya dalam Program JKN-KIS agar segera mendaftar.

“Menurut saya, semua orang harus memiliki kartu ini, sangat membantu lo,” ujarnya sambil menunjukkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) miliknya.

Terkait pelayanan, Masrun berpesan agar kemudahan yang selama ini telah dirasakan dalam Program JKN-KIS agar dipertahankan.

“Sudah bagus, semoga bias dipertahankan, dan kalau bias ditingkatkan untuk semakin bagus lagi, jadi peserta akan semakin puas,” pungkas bapak dua anak itu. (ar/ck)

(rt/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia