alexametrics
Senin, 10 Aug 2020
radartulungagung
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Zonasi PPDB Tekan Laka Lantas

Bersekolah Tak Perlu Naik Motor

28 Juni 2020, 12: 00: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Zonasi PPDB Tekan Laka Lantas

KOTA, Radar Trenggalek - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) melalui jalur zonasi disinyalir memiliki banyak manfaat. Di samping untuk pemerataan pendidikan, juga bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di kalangan pelajar.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Trenggalek Sunarya mengatakan, pemerintah berharap nantinya peserta didik tak perlu naik sepeda motor, tapi cukup jalan kaki atau naik sepeda menuju ke sekolah. "Itulah kenapa jalur zonasi dibuka dengan kuota lebih besar," tegas dia.

Dengan jarak antara rumah dan sekolah relatif dekat, lanjut dia, intensitas pelajar yang naik sepeda motor itu akan berkurang. Alhasil, angka laka lantas di kalangan pelajar secara signifikan akan turun. "Laka lantas kalangan pelajar itu bisa ditekan sekecil mungkin," kata dia.

Output dari jalur zonasi juga dapat menjadikan para pelajar lebih berkarakter. Semisal ketika jarak antara sekolah dan rumah itu jauh, tak menutup kemungkinan ada siswa yang datang terlambat karena rumahnya jauh. Namun, akan berbeda ketika jarak sekolah dan rumah itu dekat. Menurut Narya, alasan yang dibuat-buat itu tidak akan ada lagi. "Sehingga karakter anak itu nanti bisa kita bangun," cetus dia.

Zonasi juga memudahkan orang tua untuk memantau pendidikan anaknya karena jarak rumah dan sekolah tidak jauh. "Hubungan antara sekolah dengan orang tua ini akan semakin dekat," imbuhnya. (*)

(rt/pur/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia