alexametrics
Sabtu, 04 Jul 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Makan Cemilan Yang Baik Dapat Menjaga Pikiran Positif

29 Juni 2020, 13: 00: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Makan Cemilan Yang Baik Dapat Menjaga Pikiran Positif

KOTA, Radar Tulungagung - Semua manusia tentunya menginginkan kebahagiaan. Namun, dengan adanya Covid-19, hal tersebut pun semakin sulit untuk didapatkan.

Bukan hanya sulit didapatkan, bahkan juga membuat orang menjadi stres, karena perekonomian terdampak begitu hebat. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang merumahkan bahkan hingga memutuskan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

 Namun, meskipun begitu, masyarakat tetap harus berpikiran positif. Sebab, sebaik-baiknya manusia menjalani hidup, pasti akan tetap menghadapi masalah.

(Istimewa)

 Psikiater dari RS dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor dan RS Siloam Bogor, dr. LahargoKembaren, SpKJ pun mengatakan bahwa menjaga pikiran tetap tenang dan maju ke depan, bukan hanya dapat mengurangi stres, melainkan juga membuat imun tubuh semakin meningkat. 

 "Pikiran positif akan membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang akan menekan hormonstres (kortisol), ini akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang membuat tubuh lebih relaks dan santai sehingga berujung pada imunitas tubuh yang meningkat," tutur dia kepada JawaPos.com.

 Adapun, cara membuat pikiran positif adalah dengan bersikap responsif dan menghindari sikap reaktif (lambat merespon). Kita bisa menjadi responsif dengan menarik nafas sebelum bertindak, ambil waktu sejenak, analisa situasi, lakukan aksi, respons yang terbaik dan terakhir refleksi dari aksi yang dilakukan.

 "(Untuk tetap berpikir positif) hindari paparan media yang berlebihan, lakukan diet media sosial, berikan ruang untuk berbagai perasaan negatif seperti kesal, marah, sedih, kecewa dll, kemudian coba untuk fokus dengan apa yang sedang dikerjakan," katanya.

Akan tetapi, tidak hanya menjaga pikiran saja. Mengkonsumsi cemilan juga dapat meningkatkan hormon endorfin yang memicu perasaan gembira.

 "Beberapa cemilan yang mengandung triptofan (hormon perangsang ketenangan) akan membuat zat serotonin (zat yang membuat mood tenang dan gembira) menjadi meningkat. Cemilan yang banyak mengandung triptofan antara lain adalah pisang, keju, susu, almond, yoghurt, dark chocolate," tuturnya.

 Dengan jenis cemilan tersebut, maka dapat dipastikan pikiran kalian akan dapat tenang, apalagi jika mengkonsumsinya melalui cemilan olahan yang praktis, enak, dan baik untuk hari seperti es krim Aice Susu Telur yang dapat ditemukan di sekitar rumah kalian dan juga di marketplace favorit kalian. (*)

(rt/did/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia