alexametrics
Senin, 10 Aug 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Tulungagung Kembali Raih Opini WTP

Bukti Komitmen Ciptakan Pemerintahan Bersih

02 Juli 2020, 07: 00: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

RAIH OPINI WTP : Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo (tengah) didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Sukaji dan Ketua DPRD Tulungagung, Marsono mengikuti penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019 oleh BPK Perwaki

RAIH OPINI WTP : Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo (tengah) didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Sukaji dan Ketua DPRD Tulungagung, Marsono mengikuti penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019 oleh BPK Perwaki (PROKOPIM PEMKAB TULUNGAGUNG FOR RATU)

KOTA, Radar Tulungagung - Pemkab Tulungagung kembali meraih prestasi membanggakan. Melalui kepemimpinan bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, kali ini berhasil menyabet opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2019. Penghargaam ini diserahkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur pada Selasa (30/6) kemarin secara virtual.

Tentu dengan perolehan predikat WTP ini, Pemkab Tulungagung dinilai sukses menyelesaikan laporan pertanggungjawaban keuangan. Yang mana ini menjadi parameter tranparansi serta akuntabilitas publik.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo  mengaku sangat bersyukur dan merasa lebih lega bisa kembali meraih predikat tersebut. Menurutnya, perolehan predikat WTP kedelapan ini menunjukan bahwa Kabupaten Tulungagung terus berbenah dan memacu diri untuk menjadi lebih baik dalam tata kelola keuangan baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Baik secara administratif maupun lainnya.

SELAMAT DAN SUKSES : Kepala BPK Perwakilan Jatim Joko Agus Setyono (batik biru) saat mengumumkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LPKD) Tahun Anggaran 2019 kepa

SELAMAT DAN SUKSES : Kepala BPK Perwakilan Jatim Joko Agus Setyono (batik biru) saat mengumumkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LPKD) Tahun Anggaran 2019 kepa (PROKOPIM PEMKAB TULUNGAGUNG FOR RATU)

Selain itu, juga menjadi bukti akan komitmennya dalam menciptakan pemerintahan yang bersih dan bisa dipertanggungjawabkan. "Alhamdulillah, LKDP tahun 2019 ini kami (Pemkab Tulungagung, red) bisa kembali meraih predikat WTP. Ini prestasi yang luar biasa, setelah kemarin kami hanya mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP)," katanya.

Adapun kunci indikator keberhasilan dari raihan predikat ini, yaitu adanya sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan yang telah ditentukan. Lantas, dalam kesempatan ini pihaknya sangat berterimakasih kepada seluruh jajaran pemerintah yang telah menjalankan tugasnya dengan baik.

Bahkan menurutnya, ini juga menunjukkan adanya sinergitas yang tinggi antara Pemkab Tulungagung dan DPRD Tulungagung dalam mendorong akuntabilitas pelaporan keuangan daerah di Kabupaten Tulungagung. "Sinergitas ini harus dijaga agar tahun berikutnya kita dapat mempertahankan predikat WTP ini," jelasnya.

Pria nomor satu di lingkup Pemkab Tulungagung ini mengaku untuk ke depannya sudah meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Tulungagung untuk bekerja sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. Apalagi, saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19. Tentu, terdapat banyak pergeseran anggaran.

Maka dari itu, pihaknya menegaskan untuk tetap tertib secara administratif dan lainnya seperti, tertib melampirkan berita acara dan didukung dengan surat pertanggungjawaban (Spj) sesuai tata kelola keuangan yang akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga tidak ada temuan yang bisa membuat predikat mereka kembali turun, seperti yang terjadi pada LKPD 2018 lalu. "Semoga ke depannya lebih baik. Dan dapat mempertahankan predikat ini dalam tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel," tandasnya. (*)

(rt/lai/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia