alexametrics
Senin, 10 Aug 2020
radartulungagung
Home > Trenggalek
icon featured
Trenggalek

Jalan Menuju Check Point Kembali Rusak

Sering Dilalui Kendaraan Bermuatan Berat

07 Juli 2020, 15: 00: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Jalan Menuju Check Point Kembali Rusak

KOTA, Radar Trenggalek - Belum genap dua bulan, akses jalan masuk menuju check point di Terminal Durenan kembali bergelombang dan berlubang. Tak pelak, itu pun dapat membahayakan bagi pengguna jalan saat melintasi jalan tersebut.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Trenggalek AKP Randy Azdar membenarkan, kerusakan jalan di sepanjang akses masuk check point Terminal Durenan itu sudah yang kali kedua. Menurut dia, kerusakan pertama terjadi sekitar Mei lalu. Namun, kini mulai banyak yang rusak. “Kemarin jalan itu juga sempat diperbaiki. Nah, yang ini baru rusak lagi,” ungkapnya.

Randy tak memungkiri, dampak dari pengalihan jalur yang terpusat melalui check point membuat tingkat kerusakan jalan jadi meningkat. Apalagi, lanjut dia, kendaraan yang bukan sesuai dengan peruntukkannya, yaitu kendaraan-kendaraan dengan muatan berat juga masuk check point melalui jalan tersebut. “Jadi, iya diprioritaskan (untuk perbaikan, Red),” kata dia.

Dia pun mengulas alasan kenapa jalan masuk dalam prioritas perbaikan. Menurut dia, jarak dari simpang tiga masuk Desa Ngadisuko, Kecamatan Durenan, menuju ke check point Terminal Durenan itu sekitar 200 meter. Dengan jarak itu (pada kerusakan Mei lalu, Red), tingkat kerusakan jalan melebihi 50 persen. Untuk itu, dia mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Trenggalek dan Balai Jalan Nasional. Untuk memperbaiki jalan tersebut. “Kami juga sudah menyampaikan ke Pak Bupati dan Pak Bupati juga sudah memberi atensi melalui dinas PUPR,” ujarnya.

Menyinggung upaya untuk menangani kerusakan itu lagi, ungkap Randy, kerusakan jalan untuk yang kali kedua memiliki panjang sekitar sekitar 50-70 meter. Pasalnya, ada beberapa titik yang mulai sudah diperbaiki. Meski begitu, cetus dia, pihaknya sudah mengomunikasikan lagi dengan OPD terkait. “Sudah kami komunikasikan juga. Jadi kini sedang dievaluasi oleh OPD terkait,” tegasnya.

Sementara itu, pengguna Jalan Wahyudi menduga, kerusakan jalan akses masuk check point di Terminal Durenan itu karena dilalui kendaraan-kendaraan yang bermuatan berat. Sering kali truk-truk gandeng juga lewat jalan itu. Disinggung dampaknya, kata dia, kerusakan jalan bisa mengganggu laju kendaraan. Sehingga ketika jalan makin rusak, untuk mengendalikan laju kendaraan itu semakin tak terkontrol. “Semoga bisa cepat diperbaiki semua agar lebih aman untuk pengguna jalan. Apalagi untuk pengendara  sepeda motor,” kata warga Desa Ngadirenggo, Kecamatan Pogalan tersebut. (*)

(rt/pur/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia