alexametrics
Senin, 10 Aug 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Satu Positif, Satu Sembuh

Total 239 Kasus, Kesembuhan 97 Persen

07 Juli 2020, 12: 00: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Infografis

Infografis

KOTA, Radar Tulungagung – Masyarakat Kota Marmer sepertinya masih tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Sebab setelah dua hari tidak menemukan penambahan kasus terkonfirmasi positif SARS-Cov-2, kemarin (6/7) tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tulungagung, kembali merilis satu nama terkonfirmasi positif Covid-19

Wakil Juru Bicara (Jubir) GTPP Covid-19 Kabupaten Tulungagung Galih Nusantoro mengatakan, penambahan kasus ini berasal dari Kecamatan Boyolangu. Sehingga total kasus Covid-19 di Tulungagung mencapai 239 kasus. “Per hari ini (kemarin, Red) terdapat satu penambahan pasien positif Covid-19. Sehingga total kumulatif kasus sebanyak 239,” jelasnya.

Galih melanjutkan, tambahan satu kasus pasien positif berinisial AW ini merupakan kasus baru yang terjaring dari hasil rapid test. Sebelumnya AW menjalani pemeriksaan rapid diagnostic test (RDT) dan dinyatakan reaktif. Petugas pun langsung melakukan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk pemeriksaan PCR untuk memastikan kondisi AW. “Pascadinyatakan reaktif rapid test, yang bersangkutan langsung dikarantina di Rusunawa IAIN Tulungagung sembari menunggu hasil swab keluar,” terangnya.

Sementara mengenai riwayat perjalanan pasien berusia 37 tahun tersebut, petugas masih terus melakukan tracing untuk mengetahui zero point atau sumber penularan Covid-19.

Tak hanya mengonfirmasi satu nama yang positif Covid-19, tim GTPP Covid-19 Kabupaten Tulungagung juga mengonfirmasi satu pasien sembuh Covid- 19. Sehingga total angka kesembuhan mencapai 231 dengan persentase kesembuhan 97 persen.

Dengan demikian, tersisa 5 pasien yang dinyatakan belum sembuh dari Covid-19. Kelima pasien ini merupakan 1 pasien dalam pengawasan (PDP), 1 orang tanpa gejala (OTG) dari kasus pelaku perjalanan daerah terjangkit (PPDT) yang terkonfirmasi Covid-19, 2 OTG dari kasus PDP konfirmasi Covid-19, dan 1 orang yang terjaring dari pemeriksaan rapid test reaktif.

Selain itu, menyongsong tatanan kehidupan baru (new normal), tim GTPP Covid-19 memetakan daerah-daerah dengan empat status wilayah berdasarkan hasil perhitungan 15 kriteria yang mencakup analisis epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan. Kriteria-kriteria tersebut dihitung kemudian diformulasikan ke dalam sebuah nilai atau skor. “Berdasarkan penghitungan tersebut, kini Tulungagung berada pada status risiko sedang dengan skor 2,1 yang berarti bahwa di lokasi tersebut telah terjadi transmisi lokal,” urainya.

Untuk itu, pria berkacamata ini mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti tetap melakukan physical distancing, cuci tangan dengan sabun, dan menggunakan masker ketika bepergian keluar rumah. (*)

(rt/nda/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia