alexametrics
Senin, 10 Aug 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Bupati Tulungagung Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni

08 Juli 2020, 06: 22: 59 WIB | editor : Andrian Sunaryo

LAYAK HUNI : Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menggunting pita sebagai simbol penyerahan rumah layak huni ke Kadis, warga Kelurahan Bago, Kecamatan Tulungagung

LAYAK HUNI : Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menggunting pita sebagai simbol penyerahan rumah layak huni ke Kadis, warga Kelurahan Bago, Kecamatan Tulungagung (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU; PROKOPIM PEMKAB FOR RATU)

KOTA , Radar Tulungagung - Pemkab Tulungagung kembali memberikan bantuan layak kepada masyarakat Kota Marmer yang membutuhkan. Kali ini, bantuan rumah layak kali ini diberikan kepada Kadis, warga Kelurahan Bago, Kecamatan Tulungagung. Penyerahan rumah pun dilakukan langsung Bupati Tulungagung Maryoto Birowo.

Penyerahan rumah yang baru selesai disetujui ini merupakan bantuan dari Badan Amal Zakat Infaq Sedekah (BAZNAS) Tulungagung dan karang taruna lokal. Rumah berhutang 3 x 5 meter lebih tampak seperti kukuh jika dibandingkan dengan sebelumnya. Meski bangunan semipermanen, rumah yang memperbolehkan kucing warna putih ini bisa menjadi tempat berteduh bagi Kadis dari terik matahari dan hujan. “Semoga rumah ini bisa memberikan kenyamanan bagi penerimanya,” jelas Bupati Tulungagung Maryoto Birowo. Kompilasi yang ditemui usai acara.

Maryoto mengatakan, pemberian bantuan berupa uang sebesar Rp 10 juta yang diwujudkan berupa rumah ini merupakan titipan dari masyarakat melalui BAZNAS Tulungagung. Dia juga berharap, adanya penyaluran ini bisa menggugah masyarakat untuk beramal dalam membantu sesama. Terlebih bagi yang membutuhkan. “Jadi, bantuan dari BAZNAS kini tidak hanya dalam bentuk sembako, tapi juga rumah layak huni,”terangnya.

SEMOGA BERMANFAAT : Bupati Tulungagung Maryoto Birowo berfoto bersama penerima bantuan rumah layak huni dan sembako.

SEMOGA BERMANFAAT : Bupati Tulungagung Maryoto Birowo berfoto bersama penerima bantuan rumah layak huni dan sembako. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU; PROKOPIM PEMKAB FOR RATU)

Tak hanya itu, melalui program ini, Maryoto berharap adanya kerja sama yang baik antara pemkab, BAZNAS, dan masyarakat. Karena ini dapat menjadi sarana pemerataan sektor ekonomi dan membantu masyarakat yang kurang mampu.

Sementara itu, Kepala BAZNAS Tulungagung Muhammad Fathurro’uf mengungkapkan, pemberian bantuan renovasi rumah ini bermula dari inisiatif Karang Taruna setempat. Setelah dilakukan survei dan verifikasi, barulah dilakukan renovasi. “Kondisi rumahnya sangat memprihatinkan. Alhamdulilah, dari BAZNAS bisa membantu sebesar Rp 10 juta,” ungkapnya.

Fathurro’uf melanjutkan, bentuan dari BAZNAS tidak hanya berupa sembako saja. Tapi juga berupa bantuan renovasi rumah, beasiswa pendidikan, bantuan modal kepada pedagang kaki lima, hingga pembinaan keagamaan. “Kami tidak bekerja sendiri. Terkadang kami juga menggandeng pemkab dan karang taruna,” jelasnya.

Bahkan di Tulungagung, lanjut Fathurro’uf, BAZNAS juga sudah memberikan bantuan berupa biaya hidup kepada fakir miskin yang tinggal sebatang kara berupa uang Rp 300 ribu yang diberikan setiap bulan selama setahun. Tak hanya itu, dengan dana sekitar Rp 3 miliar dalam setahun, pihaknya optimistis BAZNAS akan memberikan manfaat yang lebih banyak kepada masyarakat. “Di Tulungagung ada sekitar 200 penerima program ini,” jelasnya.

Rombongan bupati Tulungagung ini tiba di lokasi sekitar pukul 07.30 dan langsung dibuka reog kendang yang dibawakan enam penari asal Kelurahan Bago. Selanjutnya, rombongan langsung menuju ke rumah Kadis. Usai diundang, bupati memotong pita tanda penyerahan. Usai memotong pita, dengan didampingi kepala BAZNAS langsung dipindahkan bangunan rumah tersebut. Tak hanya penyerahan rumah, bupati juga memberikan bantuan berupa 30 paket sembako kepada warga sekitar. ( * )

(rt/nda/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia