alexametrics
Minggu, 09 Aug 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Di Tulungagung, Dua Pasien Anak Covid-19 Sembuh

Tingkat Kesembuhan Capai 98 Persen

12 Juli 2020, 22: 29: 43 WIB | editor : Andrian Sunaryo

Galih Nusantoro, Jubir GTPP Covid-19 Kabupaten Tulungagung

Galih Nusantoro, Jubir GTPP Covid-19 Kabupaten Tulungagung (DOK RATU)

 KOTA, Radar Tulungagung – Perlahan tapi pasti upaya Pemkab Tulungagung untuk menekan persebaran coronavirus disease (covid-19) kian membuahkan hasil. Minggu (12/7) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tulungagung kembali merilis tiga nama pasien yang berhasil sembuh dari covid-19. Dari ketiga nama ini, dua di antaranya merupakan pasien anak, berusia 8 dan 9 tahun. Dengan bertambahnya pasien sembuh, hingga 12 Juli total angka kesembuhan secara kumulatif mencapai 235 orang, dengan prosentase kesembuhan 98 persen. Dengan demikian tersisa dua pasien yang masih dalam perawatan dan terkonfirmasi positif covid-19.

Wakil Juru Bicara (jubir) GTPP Covid-19 Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro merinci, ketiga nama yang dinyatakan sembuh berasal yakni, RNF (8 tahun) asal Kecamatan Gondang, MRA (9 tahun) asal Kecamatan Karangrejo, dan Ani Wulandari (37 tahun) asal Kecamatan Boyolangu. “Hari ini (kemarin) kami kembali mendapatkan laporan ada tiga pasien yang berhasil sembuh dari covid-19. Dengan demikian angka kesembuhan kita meningkat menjadi 235 orang,”urainya.

Galih merinci, dari ketiga nama yang berhasil sembuh ini, dua di antaranya merupakan orang yang memiliki kontak erat dengan pasien dalam pengawasan (PDP) yang terkonfirmasi, dan satu lainnya merupakan orang dengan risiko (ODR) terkonfirmasi. Dengan melihat riwayat kasus ketiga pasien ini, dapat disimpulkan bahwa penularan terhadap virus SARS-Cov-2 masih terus terjadi. Tidak peduli pada usia bayi, anak, dewasa, hingga lansia.

Meskipun angka kesembuhan terus meningkat, namun berdasarkan perhitungan zonasi risiko daerah yang dirilis oleh pemerintah provinsi (Pemprov) Jatim, Kabupaten Tulungagung masih berada pada tingkat daerah risiko sedang dengan skor 2,21. Untuk itu Kabupaten Tulungagung masih tergolong pada zona orange. Penghitungan ini didasarkan pada hasil perhitungan 15 kriteria yang mencakup analisis epidemiologi, surveilans, keehatan masyarakat dan pelayanan Kesehatan. Artinya bagi daerah yang memiliki skor 1,9 hingga 2,4 termasuk daerah yang memiliki potensi penyebaran virus  tidak terkendali.

Hingga saat ini kasus positif covid-19 di Tulungagung sebanyak 240 kasus. Dengan rincian 235 dinyatakan sembuh, tiga pasien meninggal dunia, dan dua pasien masih dalam perawatan.

Mantan Camat Sumbergempol ini pun mengimbau masyarakat untuk tetap menetapkan protokol Kesehatan. Seperti menggunakan masker, rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, atau hand sanitizer, dan menjaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing). (*)   

(rt/nda/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia