alexametrics
Senin, 10 Aug 2020
radartulungagung
Home > Sportainment
icon featured
Sportainment

Jaga Imun, Olahraga 30 Menit Tiap Hari

19 Juli 2020, 11: 00: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

BUGAR: Diperagakan model, Eky melakukan pemanasan sebelum mengikuti kelas gym.

BUGAR: Diperagakan model, Eky melakukan pemanasan sebelum mengikuti kelas gym. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

Kasus penyebaran coronavirus disease (Covid-19) di Indonesia terus mengalami lonjakan cukup drastis. Bahkan hingga kemarin (18/7), tercatat 83 ribu pasien dinyatakan positif terinfeksi virus yang kali pertama ditemukan di wilayah Wuhan, Tiongkok ini. Sama seperti virus-virus jenis lain, hingga kini para ahli dan dokter terus berusaha memahami gambaran lengkap virus korona. Sehingga sampai sekarang belum ada pengobatan spesifik maupun vaksin untuk mengatasi virus korona.

Tak heran, kondisi ini membuat sejumlah masyarakat resah dan khawatir dengan penyebaran Covid-19. Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik RSUD dr Iskak Tulungagung, Rendra Bramanti mengatakan, sama halnya virus jenis lain, daya tahan tubuh atau sistem imun memiliki fungsi penting  melawan virus itu sendiri. “Karena memang belum ada obatnya, sampai sekarang pengobatan yang dilakukan hanya menyesuaikan dengan kondisi klinis pasien. Karena yang akan melawan ya daya tahan tubuh pasien tersebut,” jelasnya.

Sistem imun atau kekebalan tubuh merupakan sel-sel yang bertanggung jawab dalam melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan virus dari luar. Karena itulah, penting bagi kita meningkatkan sistem imun untuk mencegah risiko penularan virus korona.

Langkah pertama yang dapat diambil, dengan membiasakan diri makan  teratur dan tepat waktu. Sebab, ketika memiliki imunitas tubuh  kurang baik, maka asupan vitamin dan mineral (dari makanan) bisa membantu kondisi tubuh cepat pulih. Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung antioksidan; vitamin A, C, dan E; serta nutrisi lain yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. “Banyak orang yang makannya memang benar tiga kali dalam sehari. Tapi jam atau jadwalnya tidak tepat. Atau sebaliknya, ini juga salah. Jadi pastikan tepat dan teratur,” terangnya.

Karena virus ini menyerang saluran pernapasan, maka gejala yang muncul mirip seperti gejala flu pada umumnya. Seperti demam, batuk, sakit kepala, pilek, bahkan sesak napas. Untuk itu, selain makan secara teratur dan tepat waktu, disarankan memperbanyak konsumi sayur dan buah. Ini karena kandungan vitamin dan mineral  di dalam sayur dan buah bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Usahakan konsumsi sayur saat makan siang dan malam serta konsumsi buah saat sarapan atau sebagai snack.

Selain menjaga sistem imun dari konsumsi makanan bergizi, olahraga rutin juga menjadi hal penting. Memperbanyak olahraga ringan akan membantu untuk melancarkan sistem peredaran darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. “Olahrga ringan 30 menit setiap harinya sudah cukup. Asalkan rutin dan teratur,” imbuh Rendra.

Tak kalah penting, pastikan tubuh memiliki waktu istirahat cukup. Sebab ketika tubuh kurang istirahat, antibodi yang dihasilkan tubuh pun berkurang. Sehingga rentan terserang penyakit. Disarankan mencukupi kebutuhan waktu tidur sesuai usia. Waktu istirahat yang ideal untuk orang dewasa berkisar 7-8 jam per hari. (*)

(rt/nda/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia