alexametrics
Senin, 10 Aug 2020
radartulungagung
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Tak Temukan Modus 3C Selama Covid-19

21 Juli 2020, 12: 00: 59 WIB | editor : Bella Orlandis

Infografis

Infografis

KOTA, Radar Trenggalek - Selama pandemi Covid-19, Polres Trenggalek mencatat tidak ada kasus pencurian dengan modus baru. Meskipun, pada kurun Maret hingga pertengahan Juli kasus pencurian di Trenggalek begitu bervariasi.

Hal itu diungkapkan Kasatreskrim Polres Trenggalek Iptu Bima Sakti. Dari data yang dimilikinya, dalam periode Maret hingga pertengahan Juli terdapat kasus 3C. Yakni pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas), dan pencurian dengan pemberatan (curat).

“Tidak mencapai 10 kasus,” ungkapnya. Beberapa kasus 3C, di antaranya pencurian toko emas, roda empat (R4), dan roda dua (R2). “Tidak sampai 10 yang dilaporkan masyarakat,” sambungnya.

Melihat modus pelaku, kata Bima, tidak ada pencurian yang berdalih memanfaatkan momen pandemi Covid-19. Selama ini, pencurian dengan mamanfaatkan kondisi lengah korban. Semisal kasus pencurian R2 di Desa/Kecamatan Gandusari sekitaran Mei lalu. Pencurian itu dilakukan waktu siang di hari Jumat. “Ketika salat Jumat, pengawasan korban agak lemah. Di situ pelaku bermain (memanfaatkan keadaan, Red) karena kunci yang masih tertancap di motor,” kata dia.

Dia mengaku pelaku sudah tertangkap. Diduga pelaku terbelit ekonomi sehingga nekat mencuri motor. Di sisi lain, motor hasil curian tidak dijual, tapi dipakai sendiri. “Barang bukti motor sudah dikembalikan,” tambah dia.

Selain itu, modus yang sama juga terjadi saat pencurian HP di Surodakan dan curat di Karangan. Bima mengatakan, pencurian itu dilakukan ketika korban meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong. Sewaktu kembali, ada barang-barang yang hilang. “Masih menggunkaan modus lama yang sering terjadi di kota-kota lain,” tegasnya.

Dia mengaku, beberapa kasus itu sudah terungkap dan masih proses. “Di situ, dari polsek dan polres pun sudah ada upaya untuk mengungkap kasus dari kejadian tersebut,” cetus dia. (*)

(rt/pur/bel/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia