alexametrics
Senin, 10 Aug 2020
radartulungagung
Home > Politik
icon featured
Politik

Dukungan Tiga Bapaslon Independen Tak Penuhi Syarat

21 Juli 2020, 14: 32: 24 WIB | editor : Bella Orlandis

Infografis

Infografis

SANANWETAN, Radar Blitar - Verifikasi faktual (verfak) data dukungan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan atau independen sudah masuk rekapitulasi tahap pertama, kemarin (20/7). Hasilnya, data dukungan tiga bapaslon independen belum memenuhi syarat minimal dukungan.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam seusai rapat rekapitulasi dukungan bapaslon independen Pilwali Kota Blitar 2020.

Dia mengatakan, pada tahap pertama rekapitulasi data diketahui jumlah dukungan tiga bapaslon belum memenuhi syarat minimal. "Ini masih ada perbaikan lagi. Jadi masih bisa berubah," jelasnya kemarin (20/7).

Pada rekapitulasi tahap pertama kemarin, jumlah dukungan ketiga bapaslon belum memenuhi jumlah syarat minimal dukungan yakni 11.355 jiwa. Mayoritas hanya bisa dipenuhi separonya.

Untuk bapaslon Lisminingsih-Teteng Rukmocondrono mendapat perolehan dukungan 5.469 jiwa. Kemudian Sumari-Edi Widodo mendapatkan dukungan 1.987 jiwa dan Bapaslon Purnawan Buchori-Indri Kuswati mengantongi dukungan 5.883 jiwa.

Tidak terpenuhinya jumlah dukungan itu disebabkan ada data ganda dan warga yang mendukung tidak bisa ditemui petugas verfak. "Namun, ini masih ada perbaikan. Nanti bapaslon bisa memperbaiki kekurangannya. Setelah itu, dikumpulkan lagi serta diverifikasi administrasi dan faktual seperti sebelumnya," ujarnya.

Jumlah perbaikan kekurangan dukungan tahap kedua yang dikumpulkan nanti harus dua kali lipatnya. Misalnya kurang 5.000 dukungan, maka harus mengumpulkan 10 ribu dukungan lagi.

Namun, pada verfak tahap kedua nanti, petugas tidak lagi datang ke rumah warga. Nanti, KPU akan mengumpulkan warga pendukung untuk di verfak bersama. "Waktu perbaikan lebih singkat dibanding tahap pertama. Hanya lima sampai delapan hari. Untuk verfak sembilan hari," terangnya.

Nah, apabila dalam proses tahap kedua tetap juga tidak memenuhi jumlah syarat minimal dukungan, maka bapaslon independen tersebut dipastikan gugur. Artinya, tidak lolos di tahap berikutnya. "Jika tak memenuhi, bapaslon tidak bisa mendaftar di Pilwali Kota Blitar 2020," tandasnya. (*)

(rt/kan/bel/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia