alexametrics
Senin, 10 Aug 2020
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Tulungagung Lima Sembuh, Dua Positif Covid-19

Angka Kesembuhan Naik Jadi 244 Orang

29 Juli 2020, 20: 00: 59 WIB | editor : Andrian Sunaryo

PROTOKOL KESEHATAN : Galih Nusantoro wakil jubir GTPP Covid-19 Tulungagung

PROTOKOL KESEHATAN : Galih Nusantoro wakil jubir GTPP Covid-19 Tulungagung (dok ratu)

KOTA, Radar Tulungagung – Perlahan tapi pasti, angka kesembuhan di Kota Marmer menunjukkan peningkatan. Setelah dalam sepekan terakhir terdapat penambahan 14 kasus baru terkonfirmasi SARS-Cov-2, Rabu (29/7) tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 kembali merilis lima nama pasien yang berhasil dinyatakan sembuh. Kelima pasien ini merupakan kasus suspect yang kemudian naik status menjadi kasus terkonfirmasi covid-19 berdasarkan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR). Sehingga angka kesembuhan mencapai 244 orang dengan prosentase kesembuhan 95 persen.

Wakil Juru Bicara (jubir) GTPP Covid-19 Kabupaten Tulungagung Galih Nusantoro mengatakan, pertambahan lima kasus sembuh ini menjadi salah satu upaya petugas yang mulai membuahkan hasil. “Hari ini (29/7) kami kembali mengkonfirmasi lima nama yang berhasil sembuh, sehingga angka kesembuhan naik cukup signifikan menjadi 244 orang,” jelasnya.

Galih merinci, kelima nama yang berhasil sembuh ini antara lain Kartinah (KTN) pasien dari Kecamatan Pakel, Sidi (SD) pasien dari Kecamatan Ngunut, dan Arif Takasun (AT) pasien dari Kecamatan Karangrejo. “Ketiga pasien ini sebelumnya terkonfirmasi positif covid-19 pada 23 Juli lalu dan berstatus pasien kasus suspect,”terangnya.

Sementara dua pasien lain yang juga dinyatakan sembuh adalah Priyatin (PY) pasien dari Kecamatan Karangrejo, dan Sri Rejeki (SR) pasien dari Kecamatan Kedungwaru. Kedua pasien ini terkonfirmasi covid-19 masing-masing pada 24 dan 26 Juli lalu. “Sama seperti tiga pasien sebelumnya, dua pasien ini juga sebelumnya berstatus kasus suspect dan sekarang sudah dinyatakan sembuh,”imbuhnya.

Selain merilis lima nama yang berhasil sembuh dari covid-19, tim GTPP Covid-19 juga kembali merilis dua nama yang terkonfirmasi covid-19. Sehingga, total kasus covid-19 di Tulungagung secara kumulatif mencapai 256 kasus.

Pria yang juga menjabat sebagai Kabag protokol dan komunikasi pimpinan ini mengatakan, kedua nama yang terkonfirmasi covid-19 pada 29 Juli adalah Pasien berinisia YF asal Kecamatan Karangrejo. Pasien 24 tahun ini merupakan kasus suspect yang naik status menjadi pasien terkonfirmasi covid-19.  Sementara pasien lain yang juga terkonfirmasi positif covid-19 adalah HL asal kecamatan Campurdarat. Pasien 25 tahun ini merupakan pasien dengan status kontak erat. Artinya, pasien diduga memiliki riwayat kontak dengan kasus probable covid-19 maupun kasus konfirmasi covid-19. “Selain ada lima nama yang sembuh, per 29 Juli ini kami juga merilis 2 nama yang terkonfirmasi. Satu pasien dengan status suspect dan satu lagi kontak erat,” urainya.

Penambahan dua kasus terkonfirmasi ini, lanjut Galih penularan kasus covid-19 masih terus terjadi. Untuk itu penting bagi masyarakat tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Seperti tetap menggunakan masker ketika bepergian keluar rumah, dan rutin cuci tangan menggunakan sabun.

Sementara itu hingga 29 Juli 2020, kasus konfirmasi covid-19 mencapai 256 kasus, dengan rincian 244 dinyatakan sembuh, dan 3 kasus meninggal. Hingga saat ini terdapat 9 pasien yang masih dinyatakan konfirmasi covid-19. Dari 9 ini, 2 diantaranya dalam perawatan, dan 7 lainnya menjalani isolasi di Rusunawa IAIN Tulungagung. Bertambahnya kasus terkonfirmasi ini, membuat prosentase kesembuhan di Tulungagung turun menjadi 95 persen. (*) 

(rt/nda/dre/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia