alexametrics
Senin, 10 Aug 2020
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Bupati Tulungagung Serahkan Sapi Seberat 1 Ton

Imbau Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

01 Agustus 2020, 07: 00: 59 WIB | editor : Andrian Sunaryo

WUJUD KEPEDULIAN: Bupati Tulungagung Maryoto Birowo sedang menyerahkan hewan kurban secara simbolik kepada takmir Masjid Agung Al Munawwar, kemarin (31/7).

WUJUD KEPEDULIAN: Bupati Tulungagung Maryoto Birowo sedang menyerahkan hewan kurban secara simbolik kepada takmir Masjid Agung Al Munawwar, kemarin (31/7). (Muhammad Hamam Defa Setiawan/ratu)

KOTA, Radar Tulungagung – Pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah kali ini, bupati Tulungagung bersama forum komunikasi pimpinan kepala daerah (forkopimda) Tulungagung menyerahkan hewan kurban kepada takmir Masjid Agung Al Munawwar setelah selesai melaksanakan salat Idul Adha kemarin (31/7). Tak tanggung-tanggung, kali ini hewan kurban yang diberikan berupa lima ekor sapi dengan berat sekitar 1 ton per ekor.

Sekitar pukul 06.00, rombongan bupati dan forkopimda Tulungagung mulai memasuki pelataran Masjid Agung Al Munawwar. Kedatangan bupati beserta rombongan mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Selain itu, mulai dari depan masjid,  petugas kesehatan melakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kesehatan para jamaah yang hendak melaksanakan salat Idul Adha 1441 H.

Setelah melaksanakan salat Idul Adha, bupati Tulungagung beserta rombongan selanjutnya menyerahkan hewan kurban kepada takmir Masjid Agung Al Munawwar, yang nantinya bisa diberikan kepada orang yang berhak mendapatkan daging tersebut.

Proses penyerahan hewan kurban juga diiringi suka cita dari masyarakat. Hal itu terdengar dari tepuk tangan meriah ketika prosesi penyerahan hewan kurban tersebut.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, hari ini (kemarin, Red) forkopimda beserta jajarannya melaksanakan salat Idul Adha bersama masyarakat di Masjid Agung Al Munawwar. Berdasarkan pengamatannya, penyelenggaraan sudah menjalankan sesuai dengan protokol kesehatan. Mulai dari penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer hingga pengecekan suhu. “Masyarakat sudah memiliki kesadaran yang tinggi. Terlihat semua sudah menggunakan masker dan membawa perlengkapan salat sendiri,” tuturnya.

Pria ramah itu mengungkapkan, setelah melaksanakan salat Idul Adha, pihaknya juga memberikan hewan kurban kepada takmir Masjid Agung Al Munawwar. Total ada lima sapi dengan berat sekitar 1 ton per ekornya. Selain hewan kurban dari forkopimda, ada juga hewan kurban dari gubernur Jawa Timur yang juga diserahkan pada hari ini (kemarin, Red). “Kami memberikan lima sapi dengan berat sekitar 1 ton. Tentunya hewan tersebut sudah dicek kesehatannya,” ungkapnya.

Maryoto menjelaskan, pihaknya juga memberikan arahan, selama masa pandemi Covid-19 ini, proses penyembelihan juga harus tetap dengan menjalankan protokol kesehatan. Meski tingkat kesembuhan di Tulungagung sudah tinggi, ke depan harus lebih baik dalam menjalankan protokol kesehatan. “Seperti dalam surat edaran, proses penyembelihan hingga pendistribusian daging harus tetap menjalankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Pria berkacamata itu berharap, semoga pemberian hewan kurban tersebut bisa membantu masyarakat yang kurang mampu. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19, tentu hampir semua merasakan dampaknya. Selain itu, pemberian hewan kurban tersebut merupakan salah satu bentuk kewajiban untuk saling membantu. “Hal ini meruapakan salah satu bentuk kewajiban kita untuk saling membantu kepada orang yang membutuhkan. Semoga ini bisa memberikan manfaat kepada banyak orang,” pungkasnya. (*)

(rt/mam/dre/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia