alexametrics
Rabu, 05 Aug 2020
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung
Jembatan Lembu Peteng Tulungagung

Senin Pasang Rambu, Selasa Diperbaiki

02 Agustus 2020, 09: 00: 59 WIB | editor : Andrian Sunaryo

RAMAI: Arus lalu lintas terlihat padat di jembatan lembu peteng kemarin (1/8). Jembatan ini akan diperbaiki Selasa (4/8) nanti.

RAMAI: Arus lalu lintas terlihat padat di jembatan lembu peteng kemarin (1/8). Jembatan ini akan diperbaiki Selasa (4/8) nanti. (MUHAMMAD HAMMAM DEFA SETIAWAN/Ratu)

KOTA, Radar Tulungagung – Masyarakat Tulungagung yang sering melintasi jembatan lembu peteng di Jalan Sukarno- Hatta mulai sekarang harus sudah memiliki perencanaan untuk mobilitas kesehariannya. Pasalnya, lusa, selasa (4/8) rehabilitasi perbaikan jembatan lembu peteng  dimulai. Dan untuk besok Senin (3/8) direncanakan beberapa titik di wilayah Tulungagung akan dipasang rambu lalu lintas untuk rekayasa lalu lintas.

Kabid Lalu Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tulungagung Sujarmani mengatakan, berdasarkan rapat beberapa waktu lalu, Senin (3/8) akan dimulai pemasangan rumbu lalu lintas bersama dengan pihak terkait, untuk rekayasa lalu lintas selama proses rehabilitasi perbaikan jembatan lembu peteng. “Senin kami akan melaksanakan briefing bersama untuk minjau lapangan, dan setelah itu kami akan melakukan pemasangan rambu lalu lintas bersama-sama,” tuturnya.

Pria asal Trenggalek itu menjelaskan, pemasangan rambu lalu lintas untuk rekayasa lalu lintas akan dimulai sekitar 10.00 WIB. Jika semua perlengkapan jalan sudah terpasang, Selasa (4/8) bisa dimulai perbaikan jembatan  di atas sungai ngrowo itu. “Minggu depan itu sudah pasti jembatan ditutup total untuk perbaikan selama dua bulan kedepan,” jelasnya.

Ketua Pelaksana Rehabilitasi Perbaikan Jembatan Lembu Peteng Joko Sugandono mengungkapkan, jika pemasangan rambu lalu lintas sudah selesai pada Senin depan, esok harinya sudah bisa dimulai proses perbaikan. Pihaknya akan mengikuti arahan dari pihak terkait untuk proses rekayasa lalu lintas. “Jadi ketika Selasa sudah ditutup total semua akses yang menuju jembatan lembu peteng, kami bisa memulai proses perbaikan,” ungkapnya saat dihubungi melalui telepon.

Perbaikan jembatan lembu peteng akan difokuskan pada perbaikan wings jembatan dan plat injak jembatan. Namun, yang akan diperbaiki pertama adalah wings jembatan, dan setelah itu mulai memperbaiki wings jembatan. Pihaknya juga sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang rekayasa lalu lintas. “Nanti yang kami bongkar dulu adalah plat injak jembatan  di sebelah barat. Setelah itu baru wings jembatan,” papar pria ramah itu.

Sementara itu salah satu warga yang berjualan di dekat jembatan lembu peteng, Sinar mengatakan, pihaknya sudah mengetahui  jembatan lembu peteng akan ditutup dalam rangka perbaikan jembatan yang mengalami kerusakan. Informasi tersebut dia peroleh dari salah satu tim pelaksana yang beberapa hari lalu melakukan survei dilokasi. “Iya, saya sudah tau kalau Senin mulai dilakukan proses penutupan jembatan lembu peteng,” ujarnya.

Adanya penutupan jembatan dalam rangka perbaikan jembatan, tentu juga akan berdampak pada usaha yang dijalankan. Sedikit banyaknya pasti berpengaruh pada penghasilan sehari-harinya. Namun, pria asal Kelurahan Kutoanyar, Kecamatan Tulungagung itu, akan mengikuti bagaimana proses perbaikan jembatan dan usaha yang dijalakan itu. “Sementara ini saya mengikuti dulu. Meskipun hal itu akan mempengaruhi usaha yang saya jalankan,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, bagi pengendara dari arah Trenggalek menuju ke Tulungagung, Kediri dan Blitar penutupan jalan di mulai dari simpang tiga jetakan dekat dengan Polsek Kalangbret. Pengendara dari arah Trengglek menuju ke Tulungagung bisa mengambil arah ke utara dari simpang jetakan menuju ke arah simpang empat cuiri. Sampai disimpang empat cuiri pengdara boleh mengambil jalur ke timur arah Pasar Ngemplak dan kota.

Sedangkan pengendara dari arah Kediri menuju ke Tulungagung dan Trenggalek, penutupan jalan akan dimulai di simpang tiga Ngujang. Jika nanti pengendara masih ada yang nrombol bisa ambil arah ke selatan hingga sampai pada simpang empat tamanan. Dari simpang empat tamanan bisa mengambil arah ke selatan menuju Kecamatan Campurdarat dan Kecamatan Bandung. Atau bisa ambil jalur ke barat hingga sampai pada simpang empat gleduk. Selanjutnya pengendara bisa mengambil jalur ke arah utara menuju pasar wage dan menuju ke simpang empat cuiri. (*)

(rt/mam/dre/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia