alexametrics
Rabu, 05 Aug 2020
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Mata Juga Perlu Istirahat, 5-10 Menit

02 Agustus 2020, 11: 00: 59 WIB | editor : Andrian Sunaryo

Mata Juga Perlu Istirahat, 5-10 Menit

Belajar dan bekerja di rumah  menjadi sebuah kebiasaan baru di masa pandemi covid-19 ini. Bagaimana tidak, masyarakat dituntut  tetap  beraktivitas, namun juga harus tetap  di rumah untuk menghindari kerumunan massa.  Tak pelak, kondisi ini mengharuskan mata untuk bekerja lebih lama menatap gawai. Ini karena semua aktivitas dilakukan  online melalui gawai. Lantas bagaimana cara menjaga agar kondisi mata tetap sehat meskipun harus belajar dan bekerja secara online ?

Dapat belajar dan bekerja dari rumah mungkin terdengar menyenangkan bagi sebagian orang. Sebab seluruh aktivitas hanya perlu dilakukan online tanpa harus bertatap muka dengan orang lain. Namun demikian, jangan terlena dengan aktivitas tersebut. Sebab menatap layar gadget dalam durasi  lama juga berisiko bagi kesehatan mata. “Anda mungkin tetap dapat bekerja, namun perlu untuk memperhatikan durasi dalam menggunakan gadget. Karena dengan work from home, durasi dan intensitas dengan gadget pasti lebih tinggi dibandingkan sebelumnya,” jelas dokter spesialis mata dr Hera Lesmana Sp.M.

Hera mengatakan, menatap layar gadget dengan durasi lama dapat menimbulkan berbagai permasalahan mata. Antara lain, mata kering, gatal, sakit kepala di sekitar mata, hingga mata kemerahan akibat terlalu lelah menatap gadget. Untuk itu penting memberikan jeda pada mata beristirahat sejenak pasca menatap layer gadget. “Istirahat lima hingga sepuluh menit tidak masalah. Ini akan membuat mata tetap fokus dalam melihat,”terangnya.

Selain mengatur durasi bekerja atau memberikan jeda pada mata, wanita berkulit putih ini juga mengimbau agar memperhatikan pencahayaan selama beraktivitas. Sebab, pencahayaan yang buruk juga dapat memaksa mata bekerja ekstra dalam melihat. Untuk itu pastikan bekerja maupun belajar di ruangan yang cukup pencahayaan. “Pastikan bekerja atau belajar di ruangan yang memiliki cahaya cukup. Ini agar mata tidak kerja keras dalam melihat, karena akan mengakibatkan mata mudah lelah,”urainya.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah posisi layar. Tak dapat dipungkiri dapat bekerja di rumah membuat sebagian orang bebas memilih tempat  bekerja. Mulai dari duduk santai di sofa ruang tamu, hingga berbaring di kasur. Untuk itu, tempatkan laptop sekitar 30 derajat dibawah garis lurus mata. Trik ini akan menurunkan tekanan pada mata dan mencegah leher dan pundak di posisi membungkuk terlalu lama.

Terakhir Hera pun mengimbau sering-sering mengajak mata berolahraga. Caranya  menjauhkan mata dari layar setiap 20 menit sekali. Istirahatkan mata setidaknya 5 hingga 10 menit. Selanjutnya fokuskan mata pada objek sejauh 6 meter (m) selama 20 detik. Ini akan membuat mata lebih rileks dan mencegah mata lelah. Jika dimungkinkan, tambahkan filter cahaya pada layar laptop maupun handphone. Ini membantu mengatur intensitas cahaya pada gadget. “Tak kalah penting perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan lain sebagainya. Sehingga secara asupan vitamin tetap terpenuhi,”tandasnya. (*)

(rt/nda/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia