alexametrics
Jumat, 02 Oct 2020
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Staf Dinkes Positif Covid-19

SPM Masih Berjalan

06 Agustus 2020, 10: 53: 55 WIB | editor : Bella Orlandis

Staf Dinkes Positif Covid-19

KEPANJENKIDUL, Radar Blitar - Tidak hanya humas protokoler, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar juga bakal di-lockdown hingga beberapa hari ke depan. Itu karena terdapat seorang staf yang terkonfirmasi positif Covid-19. Meski begitu, untuk standar pelayanan minimum (SPM) di instansi tersebut, masih tetap memberikan pelayanan. Sebab, ruang bidang tersebut berada terpisah dengan staf yang terjangkit korona.

Sedikitnya ada empat orang personel di Bagian Humas Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Blitar yang terkonfirmasi positif korona. Diduga penularan itu dari klaster BNNK Kabupaten Blitar.

Kepala Dinkes Kabupaten Blitar Kuspardani mengatakan, tracking terhadap kontak erat masih berjalan. Jika mengacu pada standar penanganan korona, F1 alias kontak erat yang nanti harus dilakukan swab test. Namun, pada kasus di bagian humas protokol sedikit berbeda. Sebab, di sana menggunakan sistem pendingin sentral. Yakni terkoneksi dengan bagian-bagian lain di gedung sekretariat daerah. "Ini masih dalam pembahasan, apakah nanti di-swab semua atau hanya sebagian saja yang kontak erat," katanya.

Sejak kemarin, bagian humas dan protokol tutup sementara. Sedangkan tugas kehumasan dan protokol di-handle bagian lain. Tepatnya mantan personel yang pernah bertugas di bagian tersebut.

Kuspardani belum bisa menyebutkan sampai kapan bagian kehumasan ini akan ditangani oleh pelaksana tugas sementara. Pihaknya kini sedang menghitung masa inkubasi virus yang menjangkit personel di salah satu bagian sekretariat daerah tersebut. "Apakah 14 hari atau seperti apa, masih dihitung. Nanti kami konsultasikan dengan pimpinan," tuturnya.

Perempuan berkacamata itu tidak menampik ada seorang stafnya yang kini terjangkit virus. Dia memastikan bahwa mulai besok (hari ini, Red) dinas yang ada di utara Alun-alun Kota Blitar tersebut lockdown. Rencananya buka kembali pada Senin (10/8). General cleaning juga akan dilakukan mulai hari ini hingga Jumat nanti. "Iya betul, ada seorang staf yang hasil swab-nya kemarin Selasa (4/8) keluar dan positif," katanya.

Karena seorang staf terkonfirmasi positif, semua pegawai di lingkungan dinkes di-tracking dan di-swab test, kemarin (5/8). Belum diketahui bagaimana hasil pemeriksaan sampel swab tenggorokan 80 orang pegawai dinkes ini.

Meski begitu, sambung Krisna, tidak semua palayanan di dinas tersebut off. Khususnya untuk bidang SPM, masih membuka pelayanan. Dia akan menugaskan dua atau tiga orang staf di ruang tersebut untuk memberikan pelayanan. "Ruang SPM ini kan ada di belakang dan terpaut jauh dari ruang staf yang terkonfirmasi positif sehingga masih buka pelayanan," katanya.

Dia mengaku belum mengetahui secara pasti dari mana staf tersebut terpapar Covid-19. Lantaran sejak dua hari lalu yang bersangkutan tidak masuk kerja hingga beberapa hari berikutnya dengan keterangan sakit. Dari kabar beredar, yang bersangkutan sempat pergi ke Pasuruan. Untuk itu, dinkes belum bisa memastikan dari mana virus yang menjangkit anak buahnya tersebut. "Tracking masih kami lakukan," ungkapnya. (*)

(rt/muh/bel/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia