alexametrics
Jumat, 02 Oct 2020
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar
JPS di Minggu Kedua

Agustus, Warga Kota Banjir Bansos

BLT Akhir Bulan

07 Agustus 2020, 10: 10: 59 WIB | editor : Bella Orlandis

KEBUTUHAN POKOK: Sejumlah warga Kelurahan Tlumpu mengambil beras bantuan sejahtera di kantor kelurahan kemarin (6/8). Akhir Agustus pemkot kembali salurkan BST.

KEBUTUHAN POKOK: Sejumlah warga Kelurahan Tlumpu mengambil beras bantuan sejahtera di kantor kelurahan kemarin (6/8). Akhir Agustus pemkot kembali salurkan BST. (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

SUKOREJO, Radar Blitar - Bantuan sosial tunai (BST) atau bantuan langsung tunai (BLT) digulirkan kembali. Rencanannya, BST disalurkan ke masyarakat terdampak pandemi Covid-19 pada akhir bulan ini.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Blitar Priyo Istanto mengatakan, BST akan disalurkan dengan besaran yang berbeda. Nilainya kurang dari BST yang diberikan sebelumnya. "Ya, nanti nilainya Rp 300 ribu per KK per bulan," ungkapnya.

Sebelumnya, besaran BST yang diberikan sebesar Rp 600 ribu per KK per bulan. BST itu berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk tiga bulan. Yakni April, Mei, dan Juni. Nah, BST selanjutnya ini akan memanfaatkan anggaran Pemkot Blitar.

Menurut dia, BST lanjutan tersebut bakal diberikan selama enam bulan ke depan. Terhitung mulai Juli, Agustus, September, Oktober, November, hingga Desember. "Untuk jumlah penerimanya, masih sama dengan tahap sebelumnya. Jumlahnya yang sudah kami evaluasi sebelumnya," jelas pria berkumis ini.

Berdasarkan hasil evaluasi, ada 298 penerima BST yang harus dicoret. Pencoretan dilakukan karena penerima sudah pindah domisili, meninggal dunia, dan dobel menerima bantuan lainnya. Untuk BST tahap berikutnya, akan diberikan kepada 8.797 penerima.

Jumlah tersebut merupakan hasil dari evaluasi sebelumnya. Pemkot menjamin BST akan diberikan kepada orang yang tepat dan sesuai kriteria yang telah ditentukan.

Di samping itu, dinsos juga segera menyalurkan bantuan lainnya berupa jaring pengaman sosial bagi warga terdampak wabah korona. Bantuan itu berasal dari Pemprov Jawa Timur (Jatim). "Ya, minggu kedua nanti kami akan menyalurkan bantuan dari pemprov," ungkapnya. (*)

(rt/kan/bel/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia