alexametrics
Jumat, 02 Oct 2020
radartulungagung
Home > Trenggalek
icon featured
Trenggalek

Yakin Pasar Jongke Selesai Tepat Waktu

08 Agustus 2020, 11: 10: 59 WIB | editor : Bella Orlandis

Yakin Pasar Jongke Selesai Tepat Waktu

GANDUSARI, Radar Trenggalek - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Diskomidag) Trenggalek berjanji terus memaksimalkan pengawas pembangunan di wilayahnya. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian di Pasar Jongke, Desa Sukorame, terulang kembali.

Kabid Perdagangan Diskomidag Trenggalek Misran mengatakan, setelah mendapat info robohnya bangunan relokasi pada Selasa lalu (5/8), pihaknya langsung melakukan peninjauan di lapangan. Hasilnya, memang ditemukan ada kesalahan dalam proses pembangunan. Selain proses pembangunannya bisa berjalan lancar, keamanan masyarakat dapat terjamin.

"Kini memang belum ada kerugian negara karena masih tanggung jawab rekanan. Namun, kami akan memaksimalkan pengerjaannya agar masyarakat yang akan menempatinya merasa yakin bahwa bangunan itu aman," katanya.

Dia melanjutkan, rencananya bangunan relokasi tersebut akan digunakan pedagang setelah proses pembangunan inti Pasar Jongke dimulai. Sebab, Kementerian Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Kemenkop UMKM) memberi kepastian bakal membangun Pasar Jongke tahun ini. Dari situ, sebelum pengerjaan bangunan inti dilakukan, pasar tersebut harus kosong dari pedagang. "Rencananya minggu depan proses pembangunan inti pasar itu akan memasuki proses lelang sehingga kemungkinan Oktober pembangunannya dimulai," tuturnya.

Untuk rencana penempatan bangunan relokasi tersebut, dilakukan secara bertahap. Sebab, pembangunan pasar dimulai dari bagian dalam sehingga pedagang di kios belum direlokasi. Diskomidag memberi waktu pada rekanan guna membangun tempat relokasi selama dua bulan, terhitung dari masa mulai pemgerjaan akhir bulan lalu. Bagi rekanan, masih ada waktu untuk proses pengerjaan hingga akhir bulan depan.

Dari situ, diskomidag akan melihat bentuk bangunan relokasi apakah sudah layak ditempati pedagang. "Sementara ini proses pengerjaan bangunan inti masih berjalan sehingga belum ditetapkan besaran pagunya. Untuk itu, dengan tenggang waktu lebih satu bulan, kami optimistis proses pembangunan relokasi akan selesai sebelum pembangunan induk berjalan," jelas Misran. (*)

(rt/zak/bel/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia