alexametrics
Jumat, 02 Oct 2020
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Kontak Erat dan Tanpa Gejala Mendominasi

08 Agustus 2020, 10: 10: 59 WIB | editor : Bella Orlandis

Infografis

Infografis

SANANWETAN, Radar Blitar– Kasus konfirmasi positif Covid-19 terus bertambah. Hingga Kamis (6/8), terdapat tambahan dua kasus konfirmasi dari Kelurahan Tanjungsari dan Sukorejo.

Di Kelurahan Tanjungsari berasal dari kontak erat dokter SP yang meninggal dunia setelah terpapar korona. Kontak erat diketahui merupakan istri dari dokter SP, perempuan berusia 58 tahun. ”Yang bersangkutan hasil swab-nya dinyatakan positif. Kini isolasi di salah satu rumah sakit swasta di Kota Malang,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Blitar dr M. Muchlis, kemarin (7/8).

Untuk kasus konfirmasi positif dari Kelurahan Sukorejo, merupakan perempuan 48 tahun. Dia kontak erat dari pasien positif korona 79 tahun yang akhirnya menhembuskan napas terakhir. ”Pada 6 Agustus lalu hasil swab-nya dinyatakan positif. Kini yang bersangkutan dirujuk ke RSUD Mardi Waluyo,” ujar dokter ramah ini.

Muchlis mengatakan, tambahan kasus konfirmasi tersebut berasal dari kontak erat dokter SP. Selain istri dokter SP, ada 63 orang lainnya yang merupakan kontak erat dokter SP. Mereka adalah pasien yang pernah berobat di tempat praktik di Kelurahan/Kecamatan Sukorejo.

Dari 63 orang itu, hasil swab test lima orang di antaranya sudah keluar kemarin. Semuanya dinyatakan negatif korona. Sementara hasil swab test kontak erat lainnya masih menunggu. ”Sambil menunggu, mereka tetap isolasi mandiri di rumah dan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat,” ujar Muchlis.

Hingga kemarin, jumlah kasus konfirmasi positif korona di Kota Blitar mencapai 44 orang. 35 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan yang meninggal dunia sebanyak lima orang. Kasus konfirmasi positif rata-rata ditemukan dari orang tanpa gejala. Yakni sebanyak 35 orang dan kontak erat sebanyak 27 orang. (sub/ed/wen)

(rt/kan/bel/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia