alexametrics
Jumat, 02 Oct 2020
radartulungagung
Home > Features
icon featured
Features
Ego Putra Aritama

Sempat Dicemooh, Kini Hasilkan Jutaan Rupiah Tiap Bulan

Mengeluti Usaha Ikan Cupang Warna-warni

09 Agustus 2020, 12: 00: 59 WIB | editor : Bella Orlandis

TELATEN: Ego Putra Aritama menunjukkan beberapa ikan cupang mutasi genetik warna miliknya, di rumahnya,  Desa Sidorejo, Kecamatan Kauman, kemarin (8/8)

TELATEN: Ego Putra Aritama menunjukkan beberapa ikan cupang mutasi genetik warna miliknya, di rumahnya, Desa Sidorejo, Kecamatan Kauman, kemarin (8/8) (ANGGI / RATU)

Awalnya banyak orang yang meragukan dan mencemooh Ego Putra Aritama dalam membangun usaha  ikan cupang mutasi genetik warna tersebut. Namun hal itu malah membuatnya lebih bersemangat  mengembangkan usaha yang digelutinya. Bahkan kini tiap satu bulan Ego bisa mendapatkan jutaan rupiah dari ikan kecil berwarna tersebut.

Siang itu, terlihat rumah yang memiliki ruang kecil berwarna biru. Di dalam ruang tersebut tampak rak, berisi puluhan botal ikan cupang mutasi genetik dengan warna indah memikat mata. Ikan tersebut tidak hanya memiliki satu atau dua warna. Melainkan satu ikan bisa memiliki lebih dari tiga warna di tubuhnya. Ya, ikan tersebut merupakan usaha dengan nama norbit_betta yang digagas  Ego Putra Aritama, pria asal Desa Sidorejo, Kecamatan Kauaman.

Ego sapaan akarabnya mengatakan, sejak kecil dia memang menyukai ikan cupang. Namun terbentuknya usaha tersebut, dimulai ketika dia mendapatkan surat pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan di mana dia bekerja. Dari situlah memulai mengembangkan hobi sejak kecilnya menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Ikan cupan yang dibudidayakan bukan ikan cupang sembarang. Naamun ikan cupang hasil mutasi genetik yang memiliki warna unik di sekujur tubuhnya. Setelah saya ter-PHK, akhirnya saya memutuskan untuk membuat usaha ikan cupang, tuturnya.

Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membuat usaha ikan cupang, Cukup bermodalkan Rp 1 juta, sudah bisa mengahsilkan Rp 5 juta sekali panen atau kurun waktu satu bulan. Selain itu, dalam pembudidayan ikan cupang mutasi genetik warna Ego memperlajarinya otodidak. Modal awal saya tidak banyak hanya Rp 1 juta saja. Bahkan saya pernah satu hari mendapat Rp 1.5 Juta, paparnya.

Pria berkacamata itu mengungkapkan, karena otodidak tanpa pelatihan sebelumnya, tentu pada awalnya jatuh bangun sudah dirasakaannya. Bahkan orang di sekitar dan terdekatnya meragukan usaha yang digelutinya. Sampai-sampai dibohongi orang sudah menjadi pengalaman yang tidak bisa dilupakannya. Namun dari itu semua dia bisa membuktikan  apa yang tengah dilakukan bukanlah hal sia-sia. Banyak orang yang mencemooh saya, namun ketika saya sudah berhasil, mereka malah mengikuti usaha saya, ungkapnya.

Kini Ego memiliki delapan kolam dengan lima jenis ikan yang berbeda. Di antaranya adalah red koi galaxi, galaxi multi color, multicolor, candy dan fancy. Kelima jenis ikan tersebut memiliki harga mulai dari Rp 10 ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung jenis dan kualitas ikan. “Setiap jenis ikan memiliki treatment yang berbeda-beda. Dan saya sudah pernah mendapat pesanan paling jauh dari Jakarta. Sebelumnya juga ada dari luar pulau, tapi karena pandemi Covid-19, tidak bisa dilakukan pengiriman,” terangnya.

Berdasarkan pengalaman selama ini berkecimpung di ikan cupang mutasi genetik warna, untuk pemula setidaknya harus memperhatikan tiga hal. Yalni, harus mengetahui jenis dan harga ikan cupang, jangan mudah termakan dengan harga yang murah serta melihat track record seler. Tiga hal itu menjadi penting untuk menghindari penipuan dan tidak merugikan peternak serta seler ikan. Terkadang kalau pemula itu tidak tahu jenisnya, dan membuatnya mudah ditipu orang. Dan itu bisa merusak harga dipasaran, jelas pria berjenggot tipis itu.

Untuk  bertahan dalam bisnis ikan cupang mutasi genetik warna, harus pandai-pandai melihat tren pasar. Jika tren pasar berubah, mau tidak mau juga harus mengikuti perkembangan tren tersebut. Mungkin ikan cupang red koi galaxi dan galaxi multi color saat ini harganya tinggi karena menjadi tren di pasar. Tapi tidak menutup kemungkinan tren pasar akan berubah dan membuat harga ikan cupang red koi galaxi dan galaxi multi color juga akan jatuh. Maka dari itu harus bisa melihat tren cupang dipasar, agar tetap bisa bertahan dalam bisnis ikan cupang, pungkas pria ramah itu. (*)

(rt/mam/bel/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia