alexametrics
Rabu, 28 Oct 2020
radartulungagung
icon-featured
Blitar
Diambilkan dari Anggaran BTT

Percepat 3T, Beli Alat PCR Lagi

Sekitar Rp 3,5 Miliar

11 Agustus 2020, 11: 00: 59 WIB | editor : Bella Orlandis

Percepat 3T, Beli Alat PCR Lagi

KEPANJENKIDUL, Radar Blitar - Upaya tracing, testing dan treatment (3T) terhadap sejumlah kontak erat kasus konfirmasi korona terus digencarkan GTPP Covid-19 Kota Blitar. Melalui 3T itu bisa dideteksi dini penularannya.

Di samping itu, agar proses penelusuran, pengujian, pengobatan, atau 3T ini semakin cepat, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar segera melakukan pengadaan alat polymerase chain reaction (PCR). Pengadaan dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mardi Waluyo.

Wakil Ketua GTPP Covid-19 Kota Blitar Rudy Wijonarko mengatakan, pengadaan alat PCR atau swab itu dalam rangka percepatan proses 3T. Terutama terhadap para kontak erat pasien konfirmasi positif. "Ya, ini sedang dalam proses pemesanan oleh RSUD Mardi Waluyo. Semoga bisa segera terealisasi," ujarnya.

Rudy menjelaskan, alat PCR tersebut untuk mendeteksi dini penyebaran korona. Dengan begitu, siapa saja nanti yang terpapar bisa diketahui dengan lebih cepat. "Setelah diketahuinya hasil dengan cepat, maka 3T juga bisa segera dilakukan," terang pria berkumis tebal ini.

Pemkot Blitar sudah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan alat PCR tersebut. Anggaran itu diambilkan dari pos belanja tidak terduga (BTT). Besaran anggarannya sekitar Rp 3,5 miliar.

Wakil Direktur (Wadir) Bidang Pelayanan dan Penunjang Medis RSUD Mardi Waluyo dr Herya Putra Dharma mengatakan, kini rumah sakit sedang memilih jenis produk PCR yang akan di beli tersebut. Harga dari setiap jenis PCR tersebut berbeda-beda. "Sekarang kami masih survei. Mana yang siap," ujar dokter ramah ini.

 Dia berharap, proses pemesanan PCR berjalan mulus. Dalam waktu dekat, alat PCR tersebut bisa diterima dan segera dimanfaatkan untuk kepentingan proses 3T. "Semoga cepat dapat," katanya. (*)

(rt/kan/bel/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia