alexametrics
Rabu, 28 Oct 2020
radartulungagung
Home > RaTu Event
icon featured
RaTu Event

MAN 2 Blitar B Borong Gelar, Genggam Juara I dan Favorit

14 Agustus 2020, 11: 32: 15 WIB | editor : Alwik Ruslianto

CARI TERBAIK: Tim dewan juri dalam tahap verifikasi akhir lomba video kreatif di kantor KPU Kabupaten Blitar kemarin siang (13/8).

CARI TERBAIK: Tim dewan juri dalam tahap verifikasi akhir lomba video kreatif di kantor KPU Kabupaten Blitar kemarin siang (13/8). (Yanu Aribowo/Radar Blitar)

GARUM, Radar Blitar - Lomba video kreatif Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar sudah mencapai puncaknya. Tim MAN 2 Blitar Wlingi B memborong gelar dalam lomba rangkaian sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Blitar 2020 dan memastikan diri kukuh di puncak perburuan like terbanyak. Tim dengan karya video berjudul Tata Cara Pemungutan Suara Sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19 itu tak hanya menyabet gelar juara I, tapi juga sukses meraup like terbanyak dengan raihan 1.429 like yang mengantarkan tim MAN 2 Blitar Wlingi B sebagai juara favorit.

Dari hasil penilaian tim dewan juri di kantor KPU Kabupaten Blitar kemarin siang (13/8), akhirnya ditetapkan juara I MAN 2 Blitar Wlingi B (930 poin), juara II SMAN 1 Talun (900 poin), juara III MA Al Mawaddah 2 Nglegok (885 poin), dan juara favorit MAN 2 Blitar Wlingi B dengan perolehan terbanyak 1.429 like per Rabu (12/8) pukul 13.00. Selanjutnya, penyerahan hadiah dilangsungkan dalam agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tentang Partisipasi Masyarakat dan Sosialisasi Pendidikan Pemilihan di Hotel Grand Mansion 2 Kanigoro, Rabu mendatang (19/8).

Dengan partisipasi tim-tim peserta, KPU Kabupaten Blitar sangat mengapresiasi. Lomba video kreatif ini bagian dari desain sosialisasi yang ditujukan kepada pemilih pemula tingkat SMA sederajat. Video yang masuk merupakan gambaran pemahaman adik-adik yang merupakan pemilih pemula terhadap Pilbup 2020. Seperti tata cara pencoblosan di TPS, anti-money politic, mendorong pemilih pemula menjadi pemilih cerdas, dan lain-lain. “Terima kasih kepada adik-adik peserta yang telah mengirimkan karyanya. Ending-nya sosialisasi ini harapannya pemilih pemula mengunakan hak pilihnya pada 9 Desember mendatang,” jelas Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, M. Bahaudin.

Infografis

Infografis

Sementara itu, dalam proses penilaian, tim dewan juri harus bekerja keras. Pasalnya, karya yang masuk babak delapan besar adalah karya-karya yang layak tonton sesuai dengan tema. Dari delapan karya, akhirnya harus dikerucutkan menjadi tiga karya terbaik. Pada verifikasi akhir, tim dewan juri harus menegaskan aturan. Contohnya, ada yang tidak mencantumkan logo-logo yang menjadi persyaratan wajib karya video. Selain itu, juga ada karya yang durasinya melebihi ketentuan maksimal tiga menit serta ada yang mengambil gambar video secara ilegal dari YouTube. “Tim dewan juri menitikberatkan tersampainya pesan-pesan sosialisasi Pilbup Blitar 2020 yang lengkap. Sebagai contoh, perubahan tata cara penggunaan tinta penanda jari usai menyalurkan suara dari sistem celup menjadi sistem tetes,” jelas Ketua Tim Dewan Juri Bagus Putu Parto.

Seperti diketahui, lomba ini merupakan hasil kerja sama KPU Kabupaten Blitar dengan Jawa Pos Radar Blitar. Selain itu, juga mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Agama Kabupaten Blitar, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Blitar, PT Temprina Media Grafika, dan merchandise khas Blitar mBelitar Kocak. Peserta lomba merupakan tim-tim dari sekolah tingkat SMA sederajat se-Kabupaten Blitar. (*)

Link Video

Juara 1 :

https://youtu.be/QkKibbrCln4

Juara 2 :

https://youtu.be/kMrqX0QN-6o

Juara 3 :

https://youtu.be/j_AG713xwz8

Juara Favorit :

https://youtu.be/QkKibbrCln4

(rt/yan/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia