alexametrics
Minggu, 01 Nov 2020
radartulungagung
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Bank BNI Turut Andil Sukseskan Program Satu Juta Nelayan Berdaulat

Di Trenggalek

24 September 2020, 22: 24: 16 WIB | editor : Andrian Sunaryo

KONSENTRASI: Head Of Regional BNI Kantor Wilayah Malang Beby Lolita Indriani sedang menandatangani MoU Program Satu Juta Nelayan Berdaulat, kemarin (24/9).

KONSENTRASI: Head Of Regional BNI Kantor Wilayah Malang Beby Lolita Indriani sedang menandatangani MoU Program Satu Juta Nelayan Berdaulat, kemarin (24/9). (surya heny putra akbar/ratu)

WATULIMO, Radar Trenggalek - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) turut andil dalam membantu memulihkan perekonomian usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui program Satu Juta Nelayan Berdaulat. Program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan hingga stakeholder yang berkecimpung dalam usaha perikanan tangkap.

Head Of Regional BNI Kantor Wilayah Malang Beby Lolita Indriani mengungkapkan, Kabupaten Trenggalek termasuk dalam lima daerah percontohan Program Satu Juta Nelayan Berdaulat yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Kali ini, BNI merealisasikan program tersebut dengan cara membangun ekosistem digital untuk para nelayan tangkap di Pantai Prigi.

Menurut dia, kondisi ekonomi nasional sempat menurun atau bahkan minus. Namun, untuk wilayah BNI Malang ini justru tumbuh karena alokasi pembiayaan selama ini dikonsentrasikan untuk sektor pertanian dan perikanan. "Ada sekitar 67 persen kami salurkan kredit usaha rakyat (KUR) ke sektor pertanian dan perikanan. Dan terbukti kedua sektor itu mencapai hasil yang lebih baik dibanding sektor industri. Kami pun sangat optimis sekali," ungkapnya, kemarin (24/9). Hasil yang signifikan, imbuh dia,  tidak lepas dari penyaluran KUR yang tepat sasaran. 

MENYENTUH: Momen-momen usai Head Of Regional BNI Kantor Wilayah Malang Beby Lolita Indriani menyerahkan bantuan secara simbolis ke nelayan PPN Prigi.

MENYENTUH: Momen-momen usai Head Of Regional BNI Kantor Wilayah Malang Beby Lolita Indriani menyerahkan bantuan secara simbolis ke nelayan PPN Prigi. (Heny Surya Akbar Purna Putra/ratu)

Disisi lain, pemerintah telah menunjuk BNI dalam penyaluran KUR senilai Rp 15 Triliun (T). Hal itu pun menambah portofolio penyaluran KUR pada nelayan pada 2020. Yang mana per 31 Agustus 2020, BNI sudah menyalurkan KUR mencapai Rp 12,35 triliun atau menyentuh 144.839 penerima di seluruh Indonesia. Selain itu, BNI juga memberikan CSR berupa wastafel untuk cuci tangan yang bisa dimanfaatkan oleh nelayan atau masyarakat sekitar. "Harapannya, masyarakat kota prigi ini program inklusi keuangan bisa berjalan dan didukung juga dengan pemerintah kabupaten Trenggalek dan dengan teman-teman BNI Indonesia," pernyataan Head Of Regional BNI Kantor Wilayah Malang Beby Lolita Indriani. (*)

(rt/pur/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia