alexametrics
Minggu, 01 Nov 2020
radartulungagung
Home > Trenggalek
icon featured
Trenggalek
Wujudkan Nelayan Trenggalek Berdaulat

Launching Program Satu Juta Nelayan Berdaulat di Trenggalek

Peresmian Gerai Nelayan Berdaulat Prigi

25 September 2020, 11: 37: 54 WIB | editor : Alwik Ruslianto

WUJUDKAN NELAYAN BERDAULAT: Bupati bersama para pejabat kementerian dan pimpinan perusahaan mitra Pemkab Trenggalek serta Forkopimda berfoto bersama usai acara.

WUJUDKAN NELAYAN BERDAULAT: Bupati bersama para pejabat kementerian dan pimpinan perusahaan mitra Pemkab Trenggalek serta Forkopimda berfoto bersama usai acara. (HENNY SURYA PUTRA/RADAR TRENGGALEK)

WATULIMO – Radar Trenggalek – Pemkab Trenggalek melaunching program Satu Juta Nelayan Berdaulat serta meresmikan Gerai Nelayan Berdaulat Prigi. Program ini sebagai tonggak kedaulatan para nelayan di Trenggalek untuk mewujudkan kesejahteraan para nelayan.

Laounching berlangsung di Jalan Raya Prigi Kecamatan Watulimo, tepatnya di depan Gerai Nelayan Berdaulat Madani Mart yang diresmikan kemarin. Hadir CEO Fish On yang menjadi mitra Pemkab Trenggalek untuk mewujudkan nelayan go digital. Juga Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Pimpinan BNI Kantor Wilayah Malang, Deputi Bidang Pembiayan Kementerian Koperasi dan UKM, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Asdep Peningkatan Daya Saing, Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

“Berdaulat ini sebuah terminologi, dimana nelayan mulai dari melaut sampai pulang, ndak kehutangan budi pekerti. Tidak dipaksa oleh siapapun, dan bebas menentukan mekanisme usaha mereka sesuai yang disepakati,” ucap Bupati Arifin.

RESMI DIBUKA: Bupati Arifin menggunting melati menandai dibukanya Gerai Nelayan Berdaulat Madani Mart

RESMI DIBUKA: Bupati Arifin menggunting melati menandai dibukanya Gerai Nelayan Berdaulat Madani Mart (HENNY SURYA PUTRA/RADAR TRENGGALEK)

Trenggalek menjadi tempat yang pertama di Jawa Timur yang melauncing program ini. Harapannya nelayan di Bumi Menaksopal ini bisa benar-benar berdaulat, karena sistem tangkapan hingga penjualan hasil tangkapannya akan dibantu oleh Fish On menggunakan kemajuan tekhnologi informasi.

Dengan aplikasi Fish On nelayan akan dibantu untuk menangkap ikan. Karena dengan aplikasi tersebut nelayan bisa tahu dimana letak letak posisi ikan tangkapan. Dengan begitu nelayan tidak perlu mengira-ngira dimana letak ikan karena koordinatnya ditunjukkan melalaui radar dari aplikasi ini.

Tidak hanya hanya berhenti disini setelah mendapatkan tangkapan ikan, nelayan juga dibantu dalam pemasaran dengan sistem lelang yang baik dan transparan, dengan lelang online. Dengan begitu harga jual ikan tidak lagi bisa dimainkan tengkulak dan proses lelang bisa lebih terbuka.

Kalau ini bisa terwujud tentunya keluhan nelayan mengenai harga ikan yang anjlok saat musim ikan bisa diantisipasi dengan baik. Fish On juga menyiapkan probiotik organik untuk nelayan bisa menjaga kualitas hasil tangkapannya. Menggandeng berbagai Bank BUMN, Fish On juga membantu nelayan dari segi permodalan.

Program ini juga telah dirancang mulai dari hulu dimulai dengan bermitra dengan Fish On, yang kemudian turun ke hilir yang bermitra dengan gerakan Gemarikan (Gemar Makan Ikan). Begitu juga di sisi permodalan, bagi nelayan yang membutuhkan modal tinggal mendaftar sebagai anggota Madani Mart, yang kemudian akan didaftarkkan untuk menndapatkan modal sesuai kapasitas. (*)

(rt/dre/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia