alexametrics
Rabu, 28 Oct 2020
radartulungagung
Home > Politik
icon featured
Politik
Awasi Pilbul Sehat dan Jurdi

Bawaslu Adakan Penandatangan Pakta Integritas

26 September 2020, 09: 36: 12 WIB | editor : Alwik Ruslianto

SATUKAN KOMITMEN: KOMISONER Bawaslu Trenggalek (baju hitam) bersama perwakilan Bawaslu Jatim Totok (lima dari kanan), kedua paslon dan tim sukses serta Ketua KPU Trenggalek foto bersama setelah penandatanganan pakta integritas.

SATUKAN KOMITMEN: KOMISONER Bawaslu Trenggalek (baju hitam) bersama perwakilan Bawaslu Jatim Totok (lima dari kanan), kedua paslon dan tim sukses serta Ketua KPU Trenggalek foto bersama setelah penandatanganan pakta integritas. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

KOTA, Radar Trenggalek - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Trenggalek terus melakukan pengawasan demi terselenggaranya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Trenggalek 2020 yang sehat dan jujur serta adil (jurdil). Itu dibuktikan kemarin (25/9) dilakukan penandatanganan pakta integritas bersama, menjaga Pilbup Trenggalek tahun 2020 yang sehat dan jurdil, oleh kedua pasangan calon (paslon) beserta tim pemenangan.

Acara yang dimulai sekitar pukul 08.00 dihadiri masing-masing paslon, tim pemenangan serta partai politik (parpol) pengusung. Juga dihadiri oleh perwakilan Bawaslu Jatim,  forkopimda, Ketua KPU dan tamu undangan lain. Pakta integritas terlebih dahulu dibacakan oleh dua calon wabup Zaenal Fanani dan Syah M. Nata Negara, sebelum ditandatangani kedua paslon, tim pemenangan, dan parpol pengusung. Pakta integritas berisi bahwa kedua paslon, tim pemenangan dan parpol pengusung mendukung suksesnya penyelenggaraan pemilihan serentak 2020. Serta memajukan dan melindungi masyarakat dengan melaksanakan demokrasi yang sehat, berkualitas dan berintegritas.

Masing-masing paslon, tim pemenangan dan parpol juga siap berkomitmen dalam pelaksanaan kampanye, masa tenang, dan pemungutan suara membuat tiga kesepakatan. Kesepakatan tersebut seperti disiplin menerapkan protokoler kesehatan, mematuhi setiap tahapan kampanye, serta menghindari politik uang dalam penyelenggaraan pemilihan tahun 2020. "Dalam masa kampanye selama 71 hari nanti, ada ketentuan yang harus disepakati bersama, sehingga kami adakan penandatanganan pakta integritas ini agar tiap palson tetap komitmen," ungkap Ketua Bawaslu Trenggalek Ahmad Rokhani.

TERUS AWASI : Ketua Bawaslu Trenggalek membubuhkan tandatangan pada pakta integritas sebagai saksi setelah para paslon juga tim pemenangan.

TERUS AWASI : Ketua Bawaslu Trenggalek membubuhkan tandatangan pada pakta integritas sebagai saksi setelah para paslon juga tim pemenangan. (ZAKI JAZAI/ RADAR TRENGGALEK)

Dia melanjutkan, pelaksanaan penandatanganan pakta intregritas tersebut sebagai bentuk pencegahan oleh Bawaslu Trenggalek, terhadap pelanggaran yang dimungkinkan terjadi pada pelaksanaan Pilbup Trenggalek 2020 ini. Dimana pada pelaksanaan pemilihan 2020 ini, ada hal yang harus dipenuhi para peserta, yaitu berkaitan dengan protokol kesehatan Covid-19. "Jadi khususnya dalam proses kampanye nanti, tim pemenangan kami harap harus memperhatikan terkait surat tanda terima pemberitahuan (STTP) kampanye. Sebab pada tahun ini, Polres baru bisa memberikan jika ada rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19," katanya.

Sedangkan untuk persoalan lainnya pastinya hampir sama dengan pelaksanaan pilbup tahun sebelumnya. Yaitu yang paling menjadi perhatian adalah kemungkinan adanya politik uang. Sehingga dengan komitmen bersama, Bawaslu yakin bahwa itu bisa dihindari. Sebab, dalam aturan sudah jelas, bukan hanya pemberi, tapi juga penerima yang bisa diproses jika ditemukan ada bukti terkait politik uang tersebut."Makanya kami terus mengajak berkomit menembangun demokrasi sebaik-baiknya dan hindari politik uang. Jadi bagi para paslon mari tawarkan program atau misi dan visi untuk Trenggalek lebih baik lagi," jelasnya.

Sementara itu Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jawa Timur Totok Hariyono mengaku yakin bahwa penyelenggaraan pilbup Trenggalek akan berjalan lancar, sehat dan jurdil. Sebab Trenggalek membawa spirit dalam demokrasi. Hal itu terlihat dari masyaratnya inovatif, namun tidak anarkis. Sehingga diharapkan nanti pada pelaksanaanya Trenggalek bisa menjadi leader, dan dalam proses pemilihannya dapat berjalan sesuai pakta integritas dan deklarasi damai. " Semangat Trenggalek terkait perlu dipertahankan, dan saya yakin itu merupakan hal yang terbaik," imbuhnya. (*)

(rt/zak/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia