alexametrics
Minggu, 01 Nov 2020
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung
Kesehatan dan Kecantikan

Cegah Rambut Kusut, Cermat Gunakan Sampo

27 September 2020, 19: 00: 59 WIB | editor : Andrian Sunaryo

MUDAH RONTOK : Diperagakan model, Jessica Vivenda menyisir bagian ujung rambut yang kusut.

MUDAH RONTOK : Diperagakan model, Jessica Vivenda menyisir bagian ujung rambut yang kusut. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

Memiliki rambut panjang dan sehat tentu menjadi dambaan setiap kaum hawa. Dengan begitu, berbagai gaya rambut seperti ponytail, kepang, messybun, hingga dibiarkan tergerai mudah dilakukan. Namun memiliki rambut panjang tak selamanya menyenangkan.Terlebih jika bagian ujung rambut mudah kusut, bercabang, bahkan rambut rontok.

 Hairstylist asal Tulungagung, Maya Diantika mengatakan, rambut kusut adalah permasalahan utama pemilik rambut panjang. Terlebih ketika bangun tidur, dan sehabis beraktivitas seharian bagian ujung rambut akan kusut dan sulit diatur. “Terlebih ketika disisir secara kasar tentu akan membuat kepala sakit, bahkan rambut bisa rontok. Itu ciri pertama rambut kusut adalah susah diatur,”jelasnya.

Maya melanjutkan selain kusut dan mudah rontok, permasalahan lain adalah rambut berketombe. Ini dikarenakan ketika keramas, masih terdapat sisa sampo yang belum benar-benar hilang dari kulit kepala. Selain itu, aktivitas di luar ruangan juga dapat menimbulkan rambut lepek sehingga mudah berketombe.

Wanita 30 tahun ini tak menampik, untuk pemilik rambut panjang akan memerlukan waktu lebih lama keramas. Untuk itu salah satu tips mudah agar kulit kepala tetap bersih meski berambut panjang adalah mengutakaman bagian kulit kepala. Gosok dan bilas bagian kulit kepala hingga busa sampo benar-benar hilang. Selanjutnya, untuk merawat bagian batang hingga ujung rambut cukup dengan conditioner. “Untuk sampo fokuskan pada area kulit sementara conditioner hanya pada batang hingga ujung rambut. Ini juga membantu batang rambut tetap lembut,”terangnya.

Selain itu, tips mudah yang dapat diaplikasikan adalah penggunaan vitamin rambut. Vitamin dengan kemasan minyak maupun spray sama bagusnya, asalkan rutin digunakan tentu dapat memberi efek kilau pada rambut. Sehingga, rambut dapat tetap sehat dan batang rambut tidak mudah patah. “Sesekali lakukan treatment khusus di salon juga perlu. Ini untuk membantu merawat rambut tetap sehat,”tandasnya. (*)

Permasalahan Rambut Panjang :

-          Mudah Kusut

-          Rambut rontok

-          Berketombe

Tips Merawat Rambut Panjang :

-          Gunakan sampo hanya pada bagian kulit kepala.

-          Bilas hingga bersih agar tidak menimbulkan ketombe.

-          Gunakan conditioner hanya pada batang hingga ujung rambut.

-          Rutin gunakan vitamin rambut terlebih sebelum beraktivitas.

-          Sesekali lakukan treatment khusus di salon.

SUMBER : HAIRSTYLIST, MAYA DIANTIKA

(rt/nda/dre/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia