alexametrics
Minggu, 01 Nov 2020
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung

Bupati Maryoto Sidak Pasar Hewan dan Jalan Jengglungharjo

Siap Dipakai Awal 2021

29 September 2020, 09: 00: 59 WIB | editor : Andrian Sunaryo

TINGKATKAN INFRASTRUKTUR : Bupati Tulungagung Maryoto Birowo meninjau pembangunan jalan rabat cor beton di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung.

TINGKATKAN INFRASTRUKTUR : Bupati Tulungagung Maryoto Birowo meninjau pembangunan jalan rabat cor beton di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung. (SITI NURUL LAILIL M/RATU)

SUMBERGEMPOL, RADAR TULUNGAGUNG - Rencana pemfungsian bangunan Pasar Hewan Terpadu di Desa Sumberdadi, Kecamatan Sumbergempol pada awal 2021 bukan sebatas wacana. Karena fasilitas pendukung operasional mulai dilengkapi. Tahun ini bahkan dilanjutkan dengan penambahan fasilitas seperti atap tambatan hewan, pagar, serta toilet.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo saat meninjau lokasi pasar hewan terpadu menilai progres pembangunan pasar hewan sudah 70 persen. Namun demikian, ia menilai sudah dapat difungsikan awal 2021. Karena sejumlah fasilitas operasional seperti tambatan sapi dan kambing, timbangan hewan, instalasi pengolahan air limbah (IPAL) sudah terbangun kokoh. "Ini program kami. Sudah dimulai pembangunannya tiga tahun lalu (2017,red). Dan ini harus dilanjutkan (pelengkap fasilitas pasar,red). Agar 2021 mendatang dapat difungsikan," katanya.

Namun untuk mendukung operasional pasar lebih maksimal, tahun ini pihaknya telah menggelontorkan anggaran dari APBD untuk melanjutkan pembangunan. Berupa membangun fasilitas pendukung seperti atap tambatan sapi dan tambatan kambing serta pagar keliling pasar. Pengerjaan dimulai hari ini setelah SPK turun. Dan akan dikebut pengerjaannya, terlebih merupakan salah satu program prioritasnya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Desember harus selesai. Itu nanti akan dibangun atap, biar sapi atau kambing tidak kepanasan," katanya.

Sembari melaksanakan proyek senilai Rp 3,2 Miliar itu, pihaknya meminta rekanan untuk membersihkan tanaman liar yang tumbuh di lokasi pasar. Iapun juga meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tulungagung untuk segera memperbaiki bangunan utama yang mengalami kerusakan jika bangunan tersebut sudah dilimpahkan oleh rekanan ke Pemkab Tulungagung. "Kalau sudah dilimpahkan, ya itu tanggungjawab kami. Nanti akan diperbaiki sekalian menyekat untuk dijadikan perkantoran kebutuhan operasional," katanya.

Sekedar diketahui Pasar Hewan Terpadu yang berada di Desa Sumberdadi, Kecamatan Sumbergempol ini dibangun sejak 2017 lalu. Pasar ini digadang-gadang sebagai pasar hewan terbesar yang menampung semua pedagang hewan di Kabupaten Tulungagung. Bahkan pasar ini dapat menampung 6000 ekor sapi dan 600 ekor kambing.  "Jika nanti ini (pasar hewan terpadu,red) sudah beroperasi. Maka pasar hewan lama, akan kami ubah sebagai mall pelayanan publik. Sehingga masyarakat mudah mendapat pelayanan publik," tuturnya.

FASILITAS DILENGKAPI : Bupati Tulungagung Maryoto Birowo bersama rombongan dari Dinas PUPR, Disperindag meninjau pasar hewan terpadu kemarin

FASILITAS DILENGKAPI : Bupati Tulungagung Maryoto Birowo bersama rombongan dari Dinas PUPR, Disperindag meninjau pasar hewan terpadu kemarin (SITI NURUL LAILIL M/RATU)

Di kesempatan kunjungan kerjanya, pria nomor satu di lingkup Pemkab Tulungagung ini juga meninjau peningkatan infrastruktur berupa jalan di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung Ia menilai dengan infrastruktur yang memadai maka dapat mengangkat semua sektor termasuk ekonomi, pendidikan serta kesehatan. Bahkan, jalan berupa rabat cor beton yang menyerap anggaran Rp 1,5 Miliar diruas jalan Kalitalun-Sine ini dinilai akan mendukung jalur lintas selatan (JLS) yang bisa berdampak pada pergerakan ekonomi dari sisi pariwisata. Mengingat, Tulungagung memiliki banyak pantai yang berpotensi menarik wisatawan berkunjung layaknya Pantai Gemah, Coro dan lainnya. "Ya, tentu saja dengan jalan yang baik seperti ini maka semua sektor terangkat. Akses warga semakin dimudahkan, dan ekonomipun bergerak," tandasnya. (*)

(rt/lai/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia