alexametrics
Rabu, 28 Oct 2020
radartulungagung
Home > Politik
icon featured
Politik

Dana Awal Kampanye Rp 30 Juta

29 September 2020, 10: 00: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Dana Awal Kampanye Rp 30 Juta

KOTA, Radar Trenggalek – Dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Trenggalek Alfan Rianto-Zaenal Fanani (Ali Tofan) dan Mochamad Nur Arifin–Syah M. Nata Negara (Ipin-Syah) memulai dana awal kampanye mereka dengan angka yang cukup minim. Pasangan Alfan Rianto–Zaenal Fanani mengisi rekening kampanye mereka sebanyak Rp 10 juta, sedangkan Nur Arifin-Syah Nata Negara Rp 20 juta.

Ketua KPU Trenggalek Gembong Derita Hadi mengatakan, semua terkait proses dan tahapan kampanye masing-masing paslon telah dilakukan. Masing-masing paslon telah membuat rekening khusus untuk keperluan kampanye. "Laporan rekening yang berisi dana kampanye masing-masing paslon telah kami tutup pada penetapan paslon pada 23 september kemarin," katanya.

Jumlah dana tersebut merupakan jumlah saldo pada pembukaan awal rekening khusus yang digunakan kampaye. "Setiap pelaksanaan kampanye jumlahnya pasti ada perubahan, sebab dalam rekening kampanye itu baik penambahan maupun pengeluarannya harus bisa dipertanggung jawabkan," ungkapnya.

Sedangkan untuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), KPU belum bisa menginformasikan. LKHPN menjadi syarat dalam pendaftaran pencalonan, sehingga masing-masing paslon telah menyampaikan dan langsung melaporkannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPU juga telah mendapatkan laporan tebusan dari KPK terkait LHKPN para paslon yang bertarung.

Kendati demikian, KPU juga belum bisa menjabarkan secara terperinci terkait besaran LHKPN tersebut. Sebab bersifat pribadi, sehingga perlu persetujuan dari yang kedua pasangan calon. "Jadi hari ini (kemarin, 28/9-red) kami belum bisa mengatakannya sebab harus ada izin dari para calon," jelas Gembong. (*)

(rt/zak/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia