alexametrics
Minggu, 01 Nov 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Menunggak 6 Bulan, Dapat Relaksasi Iuran

• Khusus PBPU dan PPU BU

30 September 2020, 08: 07: 32 WIB | editor : Bella Orlandis

PROTOKOL KESEHATAN: Peserta JKN-KIS mengurus administrasi kepesertaan di kantor BPJS kesehatan cabang Tulungagung

PROTOKOL KESEHATAN: Peserta JKN-KIS mengurus administrasi kepesertaan di kantor BPJS kesehatan cabang Tulungagung (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung – Kabar gembira untuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memiliki program baru. Yakni relaksasi tunggakan atau pembayaran iuran dengan cara dicicil. Relaksasi ini diberikan kepada peserta yang memiliki tunggakan lebih dari enam bulan. Melalui program ini diharap dapat meringankan beban masyarakat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, M. Idar Aries Munandar mengatakan, program ini memberikan keringanan pembayaran tunggakan bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU). Yakni yang memiliki tunggakan lebih dari 6 bulan tunggakan iuran dengan sisa tunggakan yang wajib dilunasi paling lambat Desember 2021.

Kebijakan yang tercantum dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020 ini adalah upaya pemerintah untuk memberikan kemudahan dan meringankan finansial peserta JKN-KIS yang terdampak Covid-19. “Bagi peserta yang memiliki tunggakan lebih dan 6 bulan yang ingin mengakhiri pemberhentian sementara penjaminan peserta dan status kepesertaannya aktif kembali, ada program relaksasi tunggakan yang telah diatur juga dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020. Relaksasi tunggakan ini diberikan sampai dengan Desember 2020, dan sisa tunggakannya harus dilunasi paling lambat sampai dengan Desember 2021,” jelasnya.

Nandar menjelaskan besaran tunggakan yang dibayarkan paling sedikit 6 bulan tunggakan dan untuk aktivasi peserta ditambahkan iuran bulan berjalan. Apabila sampai dengan akhir bulan tidak dilakukan pembayaran tersebut, maka program relaksasi tunggakan batal secara otomatis dan seluruh tunggakan akan ditagihkan pada bulan berikutnya. Namun demikian peserta yang telah mengajukan relaksasi tunggakan dapat mengajukan kembali program relaksasi tunggakan selama 2020. “Untuk sisa tunggakan peserta dapat mengikuti program cicilan dengan syarat program relaksasi tunggakan telah dibayarkan sebanyak 6 bulan tunggakan, sekaligus iuran bulan berjalan,” terangnya.

Disinggung mengenai jumlah tunggakan iuran, Nandar mengatakan, sepanjang 2020 hingga Agustus ini total jumlah tunggakan atau piutang iuran JKN bagi peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU) BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung mencapai Rp 16,3 miliar (M). Jumlah ini tersebar di tiga kabupaten yang menjadi wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, yakni Kabupaten Tulungagung, Trenggalek, dan Pacitan.

Tak hanya membuat program relaksasi tunggakan, untuk meminimalisir pelayanan tatap muka, BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung juga pelayanan non tatap muka melalui aplikasi WhatsApp. Yakni Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA). Karena berbasis aplikasi WhatsApp, maka peserta JKN-KIS dapat mengakses dimanapun dan kapanpun melalui gawai masing-masing. “Ini upaya kami untuk tetap memberikan layanan terbaik, namun tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk mencegah adanya penularan Covid-19,” jelasnya.

Melalui aplikasi PANDAWA ini beberapa jenis layanan yang dapat diakses adalah pendaftaran PBPU baru (bagi peserta mandiri), pengurangan anggota keluarga, perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), perubahan kelas rawat, perubahan identitas, pengaktifan atau penonaktifan WNI dari dan ke luar negeri, cetak dan kirim kartu, perubahan data PNS/TNI/POLRI, pengaktifan kembali kartu anak PPU usia lebih dari 21 tahun, dan pendaftaran bayi baru lahir. “Peserta bisa mengakses pada jam kerja,yakni pukul 08.00 hingga 15.00 untuk mendapatkan layanan,” urai Nandar.

Adapun nomor whatsapp yang dapat diakses untuk cabang Tulungagung 08113301617 atau 08113501617. Sementara untuk kantor Trenggalek ke nomor 08113631617, dan kantor Pacitan dapat ke nomor 08113781617. (*)

(rt/nda/bel/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia