alexametrics
Minggu, 01 Nov 2020
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar

Bakal Bangun GOR Baru

Usulan KONI, Butuh Sarana Memadai

30 September 2020, 12: 00: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

BUTUH FASILITAS: GOR Soekarno Hatta merupakan salah satu fasilitas olahraga beberapa cabang olahraga di Kota Blitar.

BUTUH FASILITAS: GOR Soekarno Hatta merupakan salah satu fasilitas olahraga beberapa cabang olahraga di Kota Blitar. (FIMA PURWANTI/RADAR BLITAR)

SANANWETAN, Radar Blitar – Kondisi gedung olahraga (GOR) Soekarno Hatta tampaknya sudah tidak memadai untuk berbagai kegiatan olahraga. Hal ini membuat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Blitar melayangkan usulan, meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar dibangun GOR yang baru.

Pemkot Blitar melalui dinas pemuda dan olahraga (dispora) memberikan lampu hijau untuk usulan dari KONI tersebut.

Ketua KONI Kota Blitar Gaguk Dwi Atmanto mengatakan, usulan permintaan GOR baru telah diajukan untuk menunjang seluruh kegiatan olahraga di Kota Blitar. GOR yang ada di Jalan Kalimantan kini, tidak bisa menampung kapasitas para atlet ataupun masyarakat yang ingin melakukan kegiatan olahraga. "Iya, ada usulan itu (permintaan GOR baru, Red). Karena GOR yang ada sekarang juga sudah tidak muat untuk latihan beberapa cabor. Kembali lagi, tentu tujuannya untuk lebih menunjang kegiatan olahraga bagi atlet maupun masyarakat. Dan bisa juga sebagai sarana untuk menemukan bibit-bibit atlet unggulan," jelasnya.

Gaguk menyebutkan, usulan permintaan GOR tersebut sudah disampaikan kepada Dispora Kota Blitar. Nantinya, GOR yang baru harus lebih besar dan luas, jika dibandingkan dengan GOR yang ada saat ini. Rencananya, GOR yang berada di Malang serta Magetan akan menjadi rujukan dalam pembangunan sarana olahraga yang baru.  "Permintaan ini sudah kami sampaikan ke dispora. Kalau untuk bentuk bangunannya, yang pasti harus lebih besar. Ya, kalau dananya cukup bisa seperti GOR Ken Arok di Malang, atau seperti GOR di Magetan yang lebih luas. Kemudian kalau untuk lokasinya juga belum tahu, karena ini butuh proses lebih lanjut," terangnya.

Sementara Kepala Dispora Kota Blitar Juari membenarkan adanya usulan permintaan GOR baru tersebut.

Menurut dia, pihak dinas telah menyetujui adanya usulan dari KONI tersebut. Dispora menilai adanya pembagunan GOR baru, memang diperlukan untuk mendukung kegiatan berolahgara. "Kami menyetujui itu, pembagunan GOR baru memang perlu untuk kegiatan olahraga atlet dan masyarakat. Usulan ini, juga sudah kami sampaikan ke wali kota beberapa waktu lalu. Jadi sekarang masih proses usulan, nanti kalau proposal jadi dan mendapat surat rekomendasi dari Pemkot Blitar, ya akan dibawa ke Kemenpora," ujarnya.

Dia mengatakan, persetujuan pembangunan GOR baru diberikan, karena selain tidak dapat menampung kapasitas para atlet, juga semakin tingginya antusias masyarakat dalam berolahraga. Banyaknya jenis kegiatan olahraga yang dilakukan secara hampir bersamaan setiap harinya juga menjadi pertimbangan.

"Masyarakat memang semakin antusias dalam olahraga, jadi selain untuk latihan atlet, kita juga akan mendukung kegiatan olahraga bagi masyarakat. Jadi dengan adanya usulan pembangunan GOR baru akan menjadi sarana bagi mereka untuk berolahrga," ungkapnya. (*)

(rt/ima/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia