alexametrics
Minggu, 01 Nov 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung
Permudah Layanan BBM dengan Pertashop

Bupati Maryoto Juga Hadiri Sosialisasi Pencairan Beasiswa PIP

01 Oktober 2020, 07: 31: 38 WIB | editor : Alwik Ruslianto

SUKSES : Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menandatangani prasasti berdirinya Pertashop

SUKSES : Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menandatangani prasasti berdirinya Pertashop (SITI NURUL LAILIL M/RATU)

PAGERWOJO, Radar Tulungagung - Warga yang tinggal di Kecamatan Pagerwojo atau sekitarnya, tak perlu lagi menempuh puluhan kilometer menuju Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) terdekat. Khususnya untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax. Pasalnya, kini terdapat Pertamina Shop (Pertashop) yang memfasilitasi kebutuhan BBM di daerah pinggiran. Salah satunya berdiri di Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo.

Bahkan, kehadirannya dapat mendorong desa untuk berinovasi melalui kemitraan serta turut serta berperan dalam meningkatkan kapasitas pemerintah desa.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo yang hadir meresmikan Pertashop di Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo kemarin (30/9) menjelaskan, Pertashop ini merupakan program yang diinisiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang bekerja sama dengan PT Pertamina Persero. Hal ini untuk meningkatkan pelayanan kebutuhan energi di pedesaan. Program ini lantas berupa kemitraan antara Pertamina selaku badan usaha penyedia BBM dengan pemerintah desa untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat desa dalam mendapatkan akses BBM sekaligus memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat di sekitar desa tersebut.

SEMOGA BERMANFAAT : Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada salah satu penerima.

SEMOGA BERMANFAAT : Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada salah satu penerima. (SITI NURUL LAILIL M/RATU)

"Ini sangat membantu masyarakat. Dan juga harga sama seperti di SPBU, yakni Rp 9 ribu per liter," katanya.

Selain berdiri di Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Pertashop kata Maryoto juga telah berdiri di Desa Pecuk, Kecamatan Pakel dan Desa Tugu, Kecamatan Sendang. Pihaknya berharap, Pertamina juga mau membuka gerai lainnya di wilayah pinggiran Tulungagung lain, seperti di Kecamatan Pucanglaban dan Kecamatan Tanggunggunung. Agar masyarakat setempat dapat mengakses kebutuhan BBM lebih mudah dan dekat. "Bentuk dukungan kami, yakni berupa perizinannya," katanya.

Kemudian, desa dalam hal ini dilibatkan sebagai penyedia lahannya. Sehingga, Pertashop ini akan dikelola bersama BUMDes setempat. Dengan begitu, desa dapat menambah pendapatan desa melalui kemitraan tersebut. Bahkan rencananya, tak hanya melayani BBM, pihak mitra juga akan menambah pelayanan lain, yakni kesediaan elpiji serta memberikan tempat untuk lapak UMKM setempat. "Otomatis, ini juga menggerakkan perekonomian desa setempat," jelasnya.

Sebelum peresmian Pertashop, pria nomor satu di lingkup Pemkab Tulungagung ini melakukan kunjungan Sosialisasi Pencairan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) di Kelurahan Kutoanyar, Kecamatan Tulungagung yang dilakukan oleh Komisi X Dapil VI DPR RI - Fraksi PDI Perjuangan, Rindu Rikat. Bahkan dalam kegiatan ini, penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) secara simbolis langsung dilakukan oleh Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo kepada salah satu perwakilan siswa di Kabupaten Tulungagung. "Anak-anak kami yang menerima PIP ini ada sekitar 2000 sekian dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK. Semoga bantuan ini, dapat membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan belajar," tandasnya.(lil/rka)

(rt/lai/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia