alexametrics
Minggu, 01 Nov 2020
radartulungagung
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Gelontor Rp 3 Miliar untuk Bantuan Internet Siswa

Diberikan Selama Tiga Bulan

01 Oktober 2020, 10: 15: 18 WIB | editor : Alwik Ruslianto

BELAJAR: Dua siswa SD mengerjakan tugas sekolah kemarin (30/9).

BELAJAR: Dua siswa SD mengerjakan tugas sekolah kemarin (30/9). (FIMA PURWANTI/RADAR BLITAR.)

SANANWETAN, Radar Blitar- Pandemi Covid-19 yang belum berakhir membuat Pemkot Blitar merombak anggaran. Termasuk untuk pendidikan. Buktinya, sudah dialokasikan dana sekitar Rp 3 miliar untuk bantuan internet bagi siswa. Yakni pada perubahan APBD 2020.

Seperti diketahui, koneksi internet menjadi salah satu kendala dalam proses pembelajaran dalam jaringan (daring). Karena itulah, bantuan atau subsidi internet diberikan kepada siswa. Ini juga sebagai solusi untuk terus mendukung kegiatan belajar mengajar, termasuk pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Blitar Didit Rahman Hidayat mengatakan, bantuan paket data internet akan diberikan kepada seluruh siswa di Kota Blitar. Yakni sekolah negeri maupun swasta. Mulai jenjang PAUD, SD, SMP, dan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM). Oleh karena itu, anggaran sebesar Rp 3 miliar dari perubahan APBD 2020 dialokasikan untuk penggadaan bantuan internet tersebut.

"Anggarannya sudah disetujui dalam perubahan APBD 2020. Itu sekitar Rp 3 miliar untuk bantuan internet siswa. Tapi ini juga masih menunggu hasil evaluasi dari gubernur," ujarnya, kemarin (30/9).

Dari data disdik, jumlah total siswa yang telah diusulkan untuk menerima bantuan paket internet sebanyak 20.199 siswa. Rinciannya, PAUD sebanyak 2.988 siswa, SD sebanyak 10.876 siswa, SMP 6.116 siswa, serta PKBM sebanyak 219 siswa.

Setiap siswa bakal mendapat bantuan paket internet selama tiga bulan. Yakni mulai Oktober hingga Desember tahun ini. Setiap bulannya senilai Rp 50 ribu.

Dia menjelaskan, penerima bantuan paket internet yang berasal dari APBD akan diberikan khusus bagi siswa yang berasal dari Kota Blitar.

Menurut dia, selain dari APBD, para siswa juga akan menerima bantuan paket internet dari APBN. Para siswa mendapat subsidi paket internet dari APBN sebesar 35 gigabyte (Gb) selama empat bulan, mulai September hingga Desember 2020.

"Semua siswa yang terdaftar di data pokok pendidikan (dapodik) akan mendapat subsidi paket internet sebesar 35 giga dari APBN selama empat bulan,” katanya.

“Sedangkan, bantuan paket internet dari APBD ini khusus untuk anak Kota Blitar saja, sekitar Rp 50 ribu selama tiga bulan," lanjutnya.

Pria ramah itu juga menyampaikan, bantuan paket internet diberikan sebagai upaya untuk mendukung PJJ yang masih terus dilakukan secara daring di masa pandemi Covid-19. Dengan adanya pemberian bantuan internet tersebut diharapkan dapat mempermudah siswa dalam mengikuti materi pembelajaran di rumah.

“Karena seperti yang kita tahu koneksi internet dan biaya beli internet menjadi kendala utama dalam belajar daring. Tentu dengan adanya bantuan ini untuk lebih meringankan beban orangtua maupun wali murid," tandasnya. (*)

(rt/ima/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia