alexametrics
Minggu, 01 Nov 2020
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar

Warga Senang Tandon Beroperasi

Biaya Operasional Ditanggung BBWS

16 Oktober 2020, 10: 57: 34 WIB | editor : Alwik Ruslianto

BISA DINIKMATI: Sejumlah warga Desa Kalitengah memanfaatkan air di bak penampungan saluran tandon air.

BISA DINIKMATI: Sejumlah warga Desa Kalitengah memanfaatkan air di bak penampungan saluran tandon air. (Pemdes Kalitengah For Radar Blitar)

PANGGUNGREJO, Radar Blitar - Warga Desa Kalitengah, Kecamatan Panggungrejo kini bisa bernafas lega. Pasalnya, tandon air yang ada di desa itu mulai dioperasikan sejak akhir September lalu. Itu membuat warga tak perlu khawatir kekurangan air bersih pada musim kemarau.

Kepala Desa Kalitengah Sugeng mengungkapkan, seperti rencana sebelumnya, pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Kalitengah dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jawa Timur (Jatim) sepakat untuk memulai pengoperasian tandon pada akhir tahun ini. "Karena terjadi hujan, jadi debit airnya meningkat," jelasnya.

Menurut dia, usai proses pengisian tandon, operator akan memompa air untuk disalurkan ke bak-bak penampungan di sekitar tendon, untuk selanjutnya warga dipersilahkan untuk mengambil air bak penampungan tersebut. "Sekali operasional, pompa dihidupkan selama 30 menit. Kemudian jarak dua jam dihidupkan kembali," ujarnya.

Sugeng mengaku, warga Desa Kalitengah memang sudah lama menunggu operasional tandon air, yang pembangunannya direncanakan sejak 2018 ini. Pasalnya, warga setempat selalu mengalami bencana kekeringan air setiap kali musim kemarau tiba, yang membuat pihak pemdes mengajukan bantuan air bersih kepada pihak pemerintah kabupaten (pemkab). "Ya karena sekarang sudah bisa digunakan, warga merasa senang," tegasnya.

Disinggung mengenai anggaran operasional tandon air ini, Sugeng menegaskan, hal itu bukan termasuk kewenangannya. Alasannya, dalam dua tahun pertama pengoperasian tandon air, segala urusan operasional , termasuk anggaran, adalah kewenangan pihak BBWS. "Masih ditanggung oleh BBWS selama dua tahun pertama. Itu termasuk solar, diesel, dan gaji operator," katanya.

Nantinya, pihak BBWS akan menyerahkan operasional secara penuh kepada pihak Pemdes Kalitengah selepas dua tahun pertama. Terkait hal itu, Sugeng mengungkapkan, pihaknya berencana melakukan pengembangan tandon apabila operasional tandon dipindah-tangankan kepada pihak Desa Kalitengah. "Kita ingin nanti salurkan pipa ke masing-masing rumah warga kalau sudah diserahkan ke kita," lanjutnya. (*)

(rt/tya/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia