alexametrics
Senin, 30 Nov 2020
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar

Kurang Puas Penilaian, Peserta Bisa Sanggah

Hasil Ujian Diumumkan 30 Oktober

17 Oktober 2020, 09: 58: 19 WIB | editor : Alwik Ruslianto

TELITI: Pegawai BKD Kota Blitar saat memeriksa sejumlah berkas.

TELITI: Pegawai BKD Kota Blitar saat memeriksa sejumlah berkas. (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

KEPANJENKIDUL, Radar Blitar- Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 yang baru mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) harus bersabar menunggu hasil pengumuman. Sebab, akan diumumkan pada 30 Oktober mendatang.

Hasil ujian itu yang akan menentukan lolos tidaknya peserta ke tahap berikutnya. Dari 532 peserta ujian SKB, hanya 198 peserta yang lolos. "Sesuai formasi CPNS 2019, Kota Blitar hanya membutuhkan 198 kursi," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar Suyoto, kemarin (16/10).

Suyoto mengatakan, pengumuman hasil akhir seleksi CPNS diumumkan pada 30 Oktober secara serentak. Kini, BKD masih mengumpulkan hasil nilai para peserta, baik itu nilai ujian SKD maupun SKB. "Setelah itu pada 19-23 Oktober, akan dilakukan sinkronisasi nilai ujian SKD dan SKB," terangnya.

Sinkronisasi nilai juga akan dilakukan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Nantinya, hasil sinkronisasi nilai yang dilakukan BKD dikirimkan ke BKN untuk disandingkan. "Kedua nilai ujian itu dijadikan satu dengan bobot, nilai SKD 40 persen sementara nilai SKB 60 persen," jelas pria berkacamata itu.

BKN nantinya yang memutuskan hasil akhir nilai peserta tersebut. Setelah muncul hasil nilainya, BKN akan merankingnya sesuai nilai tertinggi hingga terendah.

Penentuan rangking tersebut disesuaikan dengan jumlah kursi formasi CPNS 2019 Kota Blitar. Nantinya bisa diketahui siapa yang lolos masuk kuota 198 kursi CPNS Kota Blitar. "532 peserta itu yang ikut ujian itu akan memperebutkan 198 kursi," ujarnya.

Kini BKD masih belum bisa mengetahui siapa saja peserta yang lolos. Sebab, yang menentukan lolos atau tidaknya adalah BKN berdasarkan hasil penilaian.

Namun, para peserta tetap diberikan hak untuk menyanggah hasil nilai apabila merasa kurang puas. Masa sanggah berlangsung selama tiga hari setelah pengumuman CPNS 2019. "Yaitu pada 31 Oktober, 1 dan 2 November. Sanggah nanti dilakukan secara online dan ditindaklanjuti langsung oleh BKN,"  jelas pria ramah ini. (*)

(rt/kan/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news