alexametrics
Minggu, 25 Oct 2020
radartulungagung
icon-featured
Tulungagung
kesehatan dan kecantikan

Maksimal Berjemur 15 Menit

18 Oktober 2020, 16: 00: 59 WIB | editor : Andrian Sunaryo

BANYAK MANFAAT : Diperagakan model, Chicha berjemur di teras rumahnya. Matahari pagi memiliki banyak manfaat utamanya vitamin D

BANYAK MANFAAT : Diperagakan model, Chicha berjemur di teras rumahnya. Matahari pagi memiliki banyak manfaat utamanya vitamin D (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

Berolahraga sembari berjemur menjadi trend saat ini. Terlebih sejak merebaknya kasus coronavirus disease (covid-19). Karena berjemur dipercaya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lantas kapan waktu yang tepat dan ideal berjemur ? dan apa saja manfaat berjemur di bawah sinar matahari ?.

 Dokter spesialis kulit dan kelamin RSUD dr Iskak, Sekar Puspita Lilasari mengatakan, sinar matahari pagi terutama sebelum pukul 10.00 memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. “Sinar ultraviolet pada cahaya matahari yang terserap oleh kulit akan membantu merangsang tubuh untuk menghasilkan vitamin D,”jelasnya.

Sekar melanjutkan, vitamin D yang diproduksi oleh tubuh dari proses berjemur di bawah sinar matahari memiliki banyak manfaat. Antara lain meningkatkan kadar kalsium dan fosfor di dalam tubuh, menjaga fungsi otot dan saraf, serta meningkatkan daya tahan atau sistem imun tubuh dalam melawan infeksi. “Inilah kenapa dianjurkan untuk berjemur di pagi hari, karena mambantu meningkatkan daya tahan tubuh,”imbuhnya.

Meski berjemur di bawah sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun wanita 33 tahun ini menyarankan, sebaiknya waktu ideal berjemur pada jam 09.00 hingga 10.00 WIB. Selain itu, durasi berjemur tidak lebih dari 15 menit. Sebab ketahanan setiap individu berbeda-beda. Jika dirasa kulit mulai merah, terbakar atau meradang sebaiknya segera hentikan aktivitas berjemur.

Agar aman aktivitas berjemur dilakukan bertahap. Lakukan kegiatan berjemur selama lima menit terlebih dahulu. Jika tidak terjadi masalah, durasi dapat ditambah pada keesokan hari. “Maksimal berjemur selama 15 menit saja. Sisanya asupan vitamin D dapat diperoleh dari makanan atau suplemen vitamin lain,”bebernya. (*)

(rt/nda/dre/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia