alexametrics
Minggu, 25 Oct 2020
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar

BPJAMSOSTEK-Disnaker Lindungi Pekerja Rentan

18 Oktober 2020, 18: 50: 57 WIB | editor : Jessica AP

LINDUNGI PEKERJA: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Blitar Agus Dwi Fitriyanto didampingi Kepala Bidang Hubungan Industri dan Syarat Kerja, Disnaker Kabupaten Blitar, Siti Yoemina, menyerahkan secara simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan.

LINDUNGI PEKERJA: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Blitar Agus Dwi Fitriyanto didampingi Kepala Bidang Hubungan Industri dan Syarat Kerja, Disnaker Kabupaten Blitar, Siti Yoemina, menyerahkan secara simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan. (WHENDY GIGIH PERKASA/ RADAR BLITAR)

SANANWETAN, Radar Blitar- BPJS Ketanagakerjaan dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar, menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan kepada pekerja rentan, kemarin (16/10). Kegiatan yang digelar di kantor disnaker itu, merupakan bukti nyata program jaminan sosial dari pemerintah. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Blitar Agus Dwi Fitriyanto menyatakan, disnaker memberikan perlindungan tersebut untuk pekerja rentan di wilayah Kabupaten Blitar. Jenis perlindungan yang diberikan, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian. “Itu untuk enam bulan kedepan,” ujarnya. 

Pria ramah itu berharap, kegiatan perlindungan terhadap pekerja rentan tak hanya di lingkup disnaker. Namun juga di instansi-instansi lainnya. “Kami sebut itu sebagai gerakan nasional peduli terhadap tenaga rentan,” jelasnya. 

KOMPAK: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Blitar Agus Dwi, Kabid Hubungan Industri dan Syarat Kerja Disnaker Kabupaten Blitar, Siti Yoemina, foto bersama penerima kartu BPJS Ketenagakerjaan.

KOMPAK: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Blitar Agus Dwi, Kabid Hubungan Industri dan Syarat Kerja Disnaker Kabupaten Blitar, Siti Yoemina, foto bersama penerima kartu BPJS Ketenagakerjaan. (WHENDY GIGIH PERKASA/ RADAR BLITAR)

Seperti diketahui, BPJAMSOSTEK, sapaan BPJS Ketenagakerjaan, memiliki empat program jaminan ketenagakerjaan. Di antaranya jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun.

Kepala Bidang Hubungan Industri dan Syarat Kerja, Disnaker Kabupaten Blitar, Siti Yoemina menyatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program dinas. Yakni terkait fasilitasi pembinaan jaminan sosial (jamsos) bagi para pekerja. Dalam pelaksanaannya, disnaker bekerjasama dengan BPJAMSOSTEK. Masyarakat utamanya dari kalangan pekerja non formal butuh perhatian. “Nah, yang tidak ter-cover bantuan pemerintah pusat, kami pilah untuk bisa kami bantu dengan kegiatan tersebut,” jelasnya. 

Untuk sementara, lanjut wanita berhijab itu, baru ada sekitar 99 orang pekerja rentan yang mendapat perlindungan jamsos. Mereka berasal dari empat desa di dua kecamatan. Di antaranya Kecamatan Ponggok meliputi Desa Kawedusan dan Desa Pojok. Kecamatan Nglegok meliputi Desa Trenceng, dan Desa Ngoran. “Semoga kedepan bisa menjangkau lebih luas lagi,” imbuhnya. (*)

(rt/whe/esi/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia