alexametrics
Senin, 30 Nov 2020
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar

Pengunjung Mall Turun 50 Persen

Sebagian Pelapak Pilih Tutup

22 Oktober 2020, 11: 30: 54 WIB | editor : Alwik Ruslianto

SEPI: Tampak  mall Blitar Square yang sepi pengunjung.

SEPI: Tampak  mall Blitar Square yang sepi pengunjung.

KEPANJENKIDUL, Radar Blitar - Pandemi Covid-19 benar-benar memukul sektor ekonomi masyarakat, tak terkecuali sektor wisata belanja di mall Blitar Square. Turunnya jumlah kunjungan di mall beberapa bulan terakhir, memaksa sejumlah penyewa lapak terpaksa tutup sementara hingga putus kontrak.

Manajer Blitar Square Toni Antonius menegaskan, kondisi ini berlangsung sejak beberapa bulan terakhir. Akibatnya, sekitar 50 persen dari total jumlah penyewa lapak pun terpaksa harus menutup lapak. "Kalaupun ada yang naik, nanti sebagian drop lagi.Trennya masih begitu," ungkapnya.

Dia mengatakan, dari total jumlah penyewa lapak yang ada di lantai dua dan tiga di mall itu, ada sekitar lima unit lapak yang memilih untuk tutup sementara, dan ada sekitar tiga lapak yang terpaksa harus tutup total karena mengalami defisit akibat minimnya kunjungan di Blitar Square. "Kalau yang mengurangi jam operasionalnya ada tiga unit," ujarnya.

Menurut dia, kondisi ini terbilang wajar. Pasalnya, tentu sebagian besar penyewa lapak berpikir untuk memangkas jam operasional, hal tersebut diharapkan juga dapat memangkas biaya operasional yang ditanggung. Kondisi berbeda terlihat di lantai satu mall. Seluruh penyewa lapak yang ada tetap buka sesuai jam operasional mall yakni hingga pukul 22.00.

"Penurunan (pengunjung, Red) sekitar 50 persen. Kalau di kondisi normal itu bisa mencapai 3.000 pengunjung per hari. Kalau sekarang mungkin sekitar 1.000 atau 1.500 pengunjung per hari," terangnya.

Ditambah lagi, belum dibuknya bioskop di mall, membuat para pengunjung semakin enggan untuk berkunjung ke Blitar Square. Alasannya, jelas Toni, harus diakui jika keberadaan bioskop di mall itu selama ini menjadi salah satu alasan utama pengunjung datang.

Pihak pengelola mengaku, jika kemungkinan besar bioskop daat kembali beroperasi akhir bulan ini. Untuk itu, pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar bersama Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 akan melakukan pengecekan di mall Blitar Square guna memastikan kesiapan mall itu pada awal pekan depan. "Selasa depan ada tim dari dinas terkait dan satgas Covid-19 yang akan memonitor kesiapan ya. Tapi, kita memang sudah lakukan persiapan sejak lama," akunya.

"Ya semoga kondisinya segera kembali normal. Kalau normal kan mall jadi ramai lagi. Kalau pengunjung banyak, lapak juga akan kembali banyak," pungkasnya. (*)

(rt/tya/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news