alexametrics
Senin, 30 Nov 2020
radartulungagung
Home > Blitar
icon featured
Blitar

Pemkab Blitar Masifkan Operasi Yustisi di Sejumlah Tempat Wisata

Antisipasi Jelang Libur Panjang Mendatang

24 Oktober 2020, 08: 35: 28 WIB | editor : Jessica AP

TAK KENAL LELAH: Pjs Bupati Blitar Budi Santosa berdialog dengan warga yang terjaring razia operasi yustisi di Kantor Kecamatan Wlingi, Kamis malam (22/10).

TAK KENAL LELAH: Pjs Bupati Blitar Budi Santosa berdialog dengan warga yang terjaring razia operasi yustisi di Kantor Kecamatan Wlingi, Kamis malam (22/10). (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

WLINGI, Radar Blitar - Operasi Yustisi penegakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 terus dilakukan secara masif oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Blitar. Operasi tersebut dilakukan di sejumlah wilayah di Kabupaten Blitar terutama di titik-titik keramaian.

Selain di tempat-tempat umum, Satgas Covid-19 juga akan melakukan operasi yustisi di tempat-tempat wisata yang tersebar di Bumi Penataran. Operasi bakal dilakukan rutin setiap akhir pekan apalagi menjelang libur panjang cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pekan depan.

Pejabat sementara (Pjs) Bupati Blitar Budi Santosa mengatakan, operasi terus digelar secara rutin dalam rangka penegakan protokol kesehatan. Operasi tersebut juga merupakan salah satu upaya untuk menekan angka kasus Covid-19. "Kabupaten Blitar saat ini masih berstatus zona orange. Kami terus berupaya agar turun menjadi zona kuning. Operasi ini sebagai sebagai upaya psikis untuk agar masyarakat semakin sadar," ujarnya.

Pria yang juga menjabat Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Timur (Jatim) ini mengungkapkan, operasi yustisi tidak hanya berfokus pada tempat-tempat umum atau keramaian. Tetapi juga menyasar tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Blitar. "Sejak dibukanya kembali wisata, pengunjung langsung membeludak meski dibatasi jumlahnya. Makanya, perlu pengawasan ketat untuk protokol kesehatannya. Jangan sampai muncul klaster baru di tempat wisata," ungkapnya.

Rencananya, operasi yustisi di sejumlah tempat wisata itu mulai dilakukan pekan ini hingga libur panjang akhir pekan mendatang. Sejumlah aparat gabungan dikerahkan untuk melakukan operasi yustisi. Masyarakat yang ditemukan melanggar protokol kesehatan seperti tidak pakai masker langsung ditindak sesuai Perda Provinsi Jatim Nomor 02 Tahun 2020 dan Pergub Nomor 53 Tahun 2020.

Dalam operasi yustisi tersebut, petugas tidak sekedar menindak para pelanggar namun juga sosialisasi tentang bahaya Covid-19 sekaligus upaya pencegahannya. Mereka yang ketahuan tidak mengenakan masker langsung diberikan masker. "Sekarang kita sudah masuk era kebiasaan baru. Masyarakat harus bisa membiasakan hidup 3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak)," ujarnya.

Pada Kamis malam (22/10), Pjs Bupati memimpin operasi yustisi yang dilaksanakan di depan kantor Kecamatan Wlingi. Sejumlah petugas diturunkan ke jalan untuk memantau sejumlah pengendara baik kendaraan roda dua maupun roda empat yang melintas. Tak sedikit ditemukan pengendara yang melanggar yakni tidak menggunakan masker.

Sedikitnya 40 pengendara harus ditindak lantaran tidak menggunakan masker. Mereka di sidang di tempat oleh Pengadilan Negeri Blitar. Bagi yang terbukti melanggar langsung dikenakan hukuman denda sesuai aturan berlaku. (*)

(rt/kan/esi/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news