alexametrics
Senin, 30 Nov 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Hujan Deras, Pohon Tumbang dan Listrik Mati

30 Oktober 2020, 19: 50: 43 WIB | editor : Andrian Sunaryo

WASPADA: Tim kepolisan dari Polsek Kedungwaru tengah mengamankan tempat kejadian pohon tumbang di depan SMAN 1 Kedungwaru, (30/10).

WASPADA: Tim kepolisan dari Polsek Kedungwaru tengah mengamankan tempat kejadian pohon tumbang di depan SMAN 1 Kedungwaru, (30/10). (MUHAMMAD HAMMAM DEFA SETIAWAN/RATU)

KEDUNGWARU, Radar Tulungagung – Jumat (30/1) sore tadi Kota Marmer diguyur hujan dengan intensistas tinggi  disertai angin kencang. Hal itu membuat salah satu pohon besar di depan SMAN 1 Kedungwaru tumbang serta membuat kabel listrik yang menjalar pada pohon tersebut ikut terjatuh dan menghalangi jalan. Kejadian tersebut membuat arus lalu lintas di Jalan dr Wahidin Sudiro Husodo  harus dialihkan serta listrik padam.

Berdasarkan pantauan koran ini, tampak beberapa anggota kepolisan dari Polsek Kedungwaru tengah berusaha mengevakuasi pohon besar yang tumbang di jalan menuju RSUD dr Iskak tersebut. Setidaknya tim kepolisian membutuhkan 30 menit untuk evakuasi terhadap pohon tumbang tersebut. Dalam kejadian itu terlihat pohon serta kabel listrik yang menghalangi jalan. Maka pihak kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas hingga proses evakuasi selesai.

Salah seorang warga Brurio Hanes mengatakan, sebelum pohon besar tersebut tumbang, memang diguyur hujan deras yang disertai oleh angin  kencang. Untung saja pada kejadian tersebut jalan sepi dari pengendara. "Pohon besar itu tumbang karena hujan dan angin yang kencang," tuturnya.

Hanes -sapaan akrabnya menjelaskan, akibat pohon besar yang tumbang itu, membuat kabel yang menjalar di pohon tersebut juga ikut terjatuh dan menghalangi jalan. Hal itu membuat pengendara tidak berani melintas. Alhasil membuat wilayah tersebut macet beberapa menit. "Jadi tidak hanya pohon, tapi juga kabel yang menjalar di pohon itu ikut terjatuh dan menghalangi jalan," jelasnya.

Pria yang tinggal tak jauh dari lokasi kejadian tersebut mengungkapkan, adanya kejadian tersebut membuat listrik mati. Pihaknya mengaku telah menghubungi PLN. Namun, hampir 30 menit berselang dia tidak mendapatkan respon dari pihak PLN. "Sejak 30 menit dari kejadian ini, belum ada orang dari PLN yang datang. Padahal saya sudah mencoba menghubungi tapi tidak ada respon," ungkap pria berkumis itu.

Sementara itu, Kapolsek Kedungwaru, AKP Siswanto menuturkan, pohon besar yang tumbang di depan SMAN 1 Kedungwaru itu akibat hujan deras dan angin kencang. Pada saat pohon itu tumbang, ranting pada pohon tersebut tersangkut kabel listrik. Sehingga mengakibatkan kabel listrik terjatuh dan melintang di tengah jalan. "Karena terdapat kabel yang menutup jalan, kami segera mengamankan lokasi kejadian. Dikhawatirkan kabel itu masih teraliri listrik. Kami juga melarang sementara waktu pengendara untuk melintasi kawasan itu, paparnya.

Pria ramah itu menjelaskan, sudah berusaha  menghubungi  PLN. Namun, pihaknya tidak mendapatkan respon. Akhirnya, pihaknya berinisiatif menggunakan bambu untuk mengevakuasi kabel yang melintang di tengah jalan itu. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Kami hanya melakukan penanganan untuk sementara waktu. Meskipun hanya menggunakan bambu untuk mengevakuasi kabel yang menghalangi jalan. Karena kami belum mendapatkan respon dari PLN," katanya. (*)

(rt/mam/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news