alexametrics
Senin, 30 Nov 2020
radartulungagung
Home > RaTu Event
icon featured
RaTu Event
Ajang Sosialisasi Pilbup Blitar 2020

KPU Kabupaten Blitar Sukses Gelar Lomba Menyanyi Tunggal

Jingle “Blitar Ayo Memilih”

02 November 2020, 11: 00: 43 WIB | editor : Alwik Ruslianto

ANTUSIAS: Lima peserta kategori pelajar mendengarkan komentar para dewan juri.

ANTUSIAS: Lima peserta kategori pelajar mendengarkan komentar para dewan juri. (FIMA PURWANTI/RADAR BLITAR)

GARUM, Radar Blitar - Grand final lomba Menyanyi Tunggal Virtual Jingle "Blitar Ayo Memilih" yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar kerja sama dengan Jawa Pos Radar Blitar berjalan dengan sukses pada Sabtu (31/10) lalu. Lomba ini menjadi salah satu sarana sosialisasi pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Blitar tersebut, digelar secara terbatas di ruang serbaguna kantor KPU Kabupaten Blitar.

Grand final lomba tersebut disaksikan Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santosa, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Blitar M. Bahaudin, Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Blitar Ivong Bertianto mewakili pejabat sementara (Pjs) Bupati Budi Santosa. Selain itu, hadir Perwira Penghubung Kodim 0808 Mayor Infantri Subagja Pujiarno, Basus Unit Intel Kodim 0808 Sertu Suhartono, KBO Intelkam Polres Blitar Iptu Asep Hadi, serta Kasi Promkes Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar Yuli Susilowati.

"Ini (lomba Menyanyi Tunggal Virtual Jingle "Blitar Ayo Memilih", Red) merupakan salah satu kegiatan sosialisasi KPU  Kabupaten Blitar dengan metode perlombaan sekaligus menjadi ajang sosialisasi secara luas kepada masyarakat. Sehingga dengan partisipasi masyarakat bisa menjadi respon mengenai Pilkada 2020," ungkap Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Kabupaten Blitar M. Bahaudin, Sabtu (31/10) lalu.

FOKUS: Para peserta dari kategori umum menuju panggung mendengarkan komentar dari juri.

FOKUS: Para peserta dari kategori umum menuju panggung mendengarkan komentar dari juri. (FIMA PURWANTI/RADAR BLITAR)

Selain itu, lomba menyanyi jingle "Blitar Ayo Memilih", sebagai sarana menyalurkan bakat para peserta. Utamanya, pada para pemilih pemula yang akan melakukan kegiatan pemilihan untuk pertama kalinya. Sehingga, dengan mengikutsertakan kategori  pelajar, dapat menjadi harapan untuk menyalurkan hak suara. "Pelajar menjadi sasaran utama sosialisasi pemilih pemula, jadi diadakan kategori pelajar dalam lomba. Ini juga menjadi ajang pelajar dalam menyalurkan informasi dan hak suara. Kita harapkan jingle “Blitar Ayo Memilih” semakin familiar, karena bait-baitnya mengandung informasi mengenai pilkada," terangnya.

Menurut dia, kegiatan ini pun menjadi sarana sosialisasi baru dalam pelaksanaan pilkada di tengah masa pandemi Covid-19. Pasalnya, meski dalam keadaan terbatas, masyarakat tetap mendapatkan informasi mengenai pemilu lewat sosial media (sosmed) dan video streaming yang disiarkan secara langsung di akun YouTube KPU Kabupaten Blitar.

Sementara itu, Project Officer (PO) lomba Menyanyi Tunggal Virtual Jingle KPU Kabupaten  Blitar, Rita Febriana menerangkan, para peserta diharuskan tampil dan bernyanyi secara langsung dihadapan dewan juri. Sehingga, penilaian tidak hanya berasal dari video yang telah dikirimkan pada proses seleksi awal, tetapi juga pada kualitas suara meraka saat bernyanyi di grand final.

Selain itu, kata dia, para peserta yang menjadi pemenang utama tidak hanya mendapat uang pembinaan tetapi juga mendapatkan trofi dan piagam penghargaan. "Untuk grand final ini peserta memang harus menyanyi langsung, membawakan jingle "Blitar Ayo Memilih" dan satu lagu pilihan. Jadi dewan juri akan menentukan pemenangnya melalui penampilan langsung mereka," tegasnya.

Di akhir kegiatan, para juri terdiri dari Andra Norris Pradesa, Purwanto, serta Yos Ahadre memutuskan enam peserta sebagai pemenang utama dari masing-masing kategori. Adapun pemenang dari kategori pelajar yakni, Septiana Ayuningtyas, juara I dan juara favorit; Tesalonika Ardilan Putri, juara II; serta Yunita Candra Lestari, juara III. Untuk kategori umum, Nihayatur Rohmah keluar sebagai juara pertama; Syasya Khoirin Nisa sebagai juara II; serta Candradewi Kusumaningsih sebagai juara III dan favorit.

Dia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara tersebut, termasuk KPU Kabupaten Blitar, Kemenag Kabupaten Blitar, Pemkab Blitar, Polres Blitar, Kodim 0808, PT Telkom Blitar, dan lain-lain. (*)

(rt/ima/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news