alexametrics
Senin, 30 Nov 2020
radartulungagung
Home > Politik
icon featured
Politik

Prediksi Perubahan di Pilkades 2021

Pesta Demokrasi Desa Di Era Pandemi Covid-19

19 November 2020, 11: 20: 16 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Infografis

Infografis

KOTA, Radar Trenggalek – Sama seperti pelaksaaan Pilbup akhir tahun nanti, pelaksanaan Pilkades tahun 2021 nanti kemungkinan besar juga berbeda dari pelaksanaan Pilkades sebelumnya. Tidak lain karena adanya perubahan pada Permendagri 112/2014 tentang Pemilihan Kepala Desa, yakni ada penambahan aturan Pilkades di era pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Trenggalek Edy Supriyanto menjelaskan perubahan itu nantinya akan menjadi acuan awal untuk menggelar Pilkades di Kabupaten Trenggalek. "Dimungkinkan Pilkades mendatang bakal digelar dengan protokol kesehatan Covid-19, namun itu dilakukan ketika pandemi Korona belum berakhir," ungkapnya pada Selasa (17/11).

Edy menyebutkan, ada 15 desa dari 7 kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades 2021. Yakni, di Kecamatan Panggul ada Desa Depok, Barang, Karangtengah, Terbis, dan Gayam. Serta di Kecamatan Tugu ada Desa Nglongsor, Pucanganak, dan Nglinggis. 

Kemudian di Kecamatan Trenggalek, yakni Desa Ngares dan Dawuhan. Dan, di Kecamatan Watulimo ada Desa Watulimo dan Ngembel. "Sisanya, Desa Kamulan di Kecamatan Durenan, Desa Pandean di Kecamatan Dongko, dan Desa Mlijon di Kecamatan Suruh," jelasnya.

Sementara ini, tahapan Pilkades seperti proses pembentukan dan pelantikan panitia Pilkades sudah dimulai. Selain itu, upaya memberitahukan terkait masa jabatan kades yang hampir berakhir pun sudah dilaksanakan. "Kami sudah mengundang Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan para camat untuk koordinasi Pilkades tahun depan," ungkapnya.
Penyelenggaraan Pilkades nantinya berlangsung sebelum masa jabatan Kades berakhir. “Jika sesuai rencana, Pilkades digelar awal April, sebelum masa jabatan Kades selesai,” ucap dia. (*)

(rt/pur/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news