alexametrics
Senin, 30 Nov 2020
radartulungagung
Home > Features
icon featured
Features

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-815 di Dispendikpora

Tumpengan, Seluruh Staf Mengenakan Baju Adat

19 November 2020, 11: 35: 25 WIB | editor : Alwik Ruslianto

TETAP MERIAH : Plt Kepala Dispendikpora Kabupaten Tulungagung, Hariyo Dewanto Wicaksono menyerahkan potongan tumpeng kepada Kabid Pembinaan SMP, Saifudin Zuhri.

TETAP MERIAH : Plt Kepala Dispendikpora Kabupaten Tulungagung, Hariyo Dewanto Wicaksono menyerahkan potongan tumpeng kepada Kabid Pembinaan SMP, Saifudin Zuhri. (DISPENDIKPORA FOR RATU)

Penuh syukur dan khidmat, begitulah gambaran perayaan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-815 yang ada di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispendikpora) . Bertambahnya usia menjadi motivasi untuk membangun pendidikan di Tulungagung agar lebih baik dan menjadi yang terbaik.

ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI, Boyolangu, Radar Tulungagung

Pemandangan berbeda tampak dari halaman kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispendikpora) Kabupaten Tulungagung kemarin (18/11). Suasana khas tempo doeloe kian terasa ketika wartawan Koran ini memasuki kantor. Nampak para pegawai dan staf mengenakan baju adat Jawa. Untuk pegawai laki-laki mengenakan beskap atau pun baju lurik lengkap dengan blangkon khas Jawa. Sementara untuk pegawai perempuan mengenakan pakaian kebaya dengan berbagai corak dan model.

Rupanya suasana khas tempo doeloe ini sengaja ditampilkan dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-815. Baju adat khas Jawa dipilih sebagai pengingat agar tetap melestarikan budaya luhur daerah. “Suasana tempo doeloe ini untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung,” jelas Plt Kepala Dispendikpora Kabupaten Tulungagung, Hariyo Dewanto Wicaksono ketika ditemui usai mengikuti agenda dari Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa.

Pria yang akrab disapa Yoyok ini mengatakan, perayaan hari jadi kali ini memang terasa berbeda. Ini karenakan dirayakan ditengah pandemic Covid-19. Sehingga banyak agenda yang terpaksa harus ditunda atau dibatalkan terlebih dahulu sampai situasi dirasa cukup kondusif. Untuk itu pada perayaan hari jadi ke-815 ini, Dispendikpora menggelar acara potong tumpeng sebagai bentuk rasa syukur.

Acara yang diikuti hanya oleh pegawai internal organisasi perangkat daerah (OPD) setempat ini tetap terasa khidmat. Banyak doa dan harapan yang dipanjatkan untuk Kabupaten Tulungagung agar lebih baik lagi. Utamanya dalam bersinergi bersama mengatasi pandemi Covid-19. “Masih banyak PR yang harus dilakukan, jadi dengan perayaan hari jadi yang cukup sederhana ini semoga tidak mengurangi makna dari hari jadi tersebut. Justru menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik lagi,” terangnya.

Acara yang berlangsung sekitar pukul 09.30 ini berlangsung di aula utama kantor Dispendikpora Kabupaten Tulungagung. Plt Kepala Dispendikpora Kabupaten Tulungagung, Hariyo Dewanto Wicaksono didampingi jajaran stafnya memotong tiga tumpeng yang telah disiapkan. Tak hanya potong tumpeng, juga dilakukan doa bersama sebagai ucapan syukur atas prestasi dan kinerja yang telah diraih selama 2020 ini.

Terakhir, Yoyok pun berharap di usia ke-815 ini, semoga Kabupaten Tulungagung tetap menjadi daerah yang ayem, tentrem, mulyo, lan tinoto. Utamanya untuk bidang pendidikan agar melahirkan generasi-generasi yang berprestasi dan mampu membawa nama Tulungagung ke kancah nasional maupun internasional.(*)

(rt/nda/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news