alexametrics
Senin, 30 Nov 2020
radartulungagung
Home > Politik
icon featured
Politik

4 Ribu Anggota Linmas Siap Jaga TPS

Untuk Pilbup 9 Desember Mendatang

21 November 2020, 10: 55: 09 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Infografis

Infografis

KANIGORO, Radar Blitar – Sekitar 4 ribu personel perlindungan masyarakat (linmas) direkrut untuk menjaga ketertiban perhelatan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Blitar pada 9 Desember mendatang. Para personel linmas ini, bakal disiagakan untuk menjaga keamanan di seluruh tempat pemungutan suara (TPS).

Data dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Blitar, ada sekitar 4 ribu orang yang telah lolos seleksi untuk menjadi anggota linmas.

Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar Rustin Tri Setyobudi mengatakan, perekrutan anggota linmas dilakukan, sebagai bentuk persiapan keamanan dalam pelaksanaan pilbup. Perektruan anggota linmas merupakan agenda rutin menjelang pemilihan kepala daerah. Yang memang disiapkan untuk ikut menjaga ketertiban proses pemilihan.

"Kemarin sudah kita lakukan rekrutmen untuk anggota linmas. Beberapa bulan lalu, jadi sudah beres semuanya. Ada sekitar 4 ribu anggota lolos seleksi. Mereka sudah mendapatkan surat keterangan (SK)," jelasnya.

Menurut dia, ribuan anggota linmas itu telah mendapatkan pembagian atau penempatan wilayah dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Di antaranya yakni, di sejumlah TPS serta di beberapa posko penghitungan suara, baik di tingkat desa/kelurahan maupun di kecamatan. Selain anggota linmas, anggota satpol PP pun akan disiagakan untuk mencukupi pengamanan pelaksanaan Pilbup Kabupaten Blitar.

"Semua anggota linmas sudah di-ploting untuk wilayah tugasnya masing-masing. Baik itu di TPS ataupun di posko penghitungan suara lainnya. Nanti kita juga siagakan anggota satpol PP untuk mem-back up pengamanan," terangnya.

Dia menegaskan, para anggota linmas tersebut tidak hanya mendapatkan pembekalan teknis terkait pengamanan di TPS. Juga akan mendapatkan seragam serta perlengkapan alat pelindung diri (APD) Covid-19. Termasuk dibagikan masker dan faceshield.

"Yang jelas nanti para linmas itu tidak hanya dapat topi dan kaus dan baju seragam, tetapi juga dapat APD. Misalnya masker dan pelindung wajah. Karena selain mereka mengamankan pelaksanaan pilbup, juga harus menjaga protokol kesehatan selama di TPS. Sehingga kita bekali APD dan sebagainya," tegasnya. (*)

(rt/ima/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news