alexametrics
Senin, 25 Jan 2021
radartulungagung
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

SMKN 1 Nglegok Gandeng Industri dalam Sinkronisasi Kurikulum TKJ

30 November 2020, 07: 20: 40 WIB | editor : Jessica AP

HARUS TELITI: Suasana pembelajaran di laboratorium kompetensi keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMKN 1 Nglegok.

HARUS TELITI: Suasana pembelajaran di laboratorium kompetensi keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMKN 1 Nglegok. (YANU ARIBOWO/RADAR BLITAR)

NGLEGOK, Radar Blitar - Kerja sama industri menjadi salah satu langkah yang digencarkan SMKN 1 Nglegok. Sinkronisasi kurikulum dengan menggandeng industri menjadi sebuah kebutuhan agar sekolah kejuruan ini mampu melahirkan tenaga-tenaga terampil di bidangnya. Langkah itu telah dilakukan kompetensi keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) sejak 2016 lalu. Langkah itu diawali dengan membuka kelas industri yang pertama pada tahun yang sama. Diharapkan ilmu yang ditransfer kepada siswa sesuai kebutuhan industri.

Hingga kini telah ada empat kelas industri yang dimiliki TKJ SMKN 1 Nglegok, yakni Mikrotik Academy, Aplika Karya Solusi Bisnis Academy, Fortinet Network Security Institute, dan Red Hat Academy. Setiap kelas telah menggandeng industri yang berkompeten di bidangnya, baik dari dalam maupun luar negeri. “Harapan tentu anak-anak bisa mendapatkan ilmu yang sesuai dengan perkembangan industri,” jelas Kepala SMKN 1 Nglegok Drs Yulianto MPd.

Seperti kelas industri Mikrotik Academy (MA) hasil kerja sama dengan industri Mikrotik Latvia Eropa, yang dijembatani oleh ID Networkers Jakarta sejak 2016. Kelas industri ini fokus pada materi menjadi wireless engineer dan network engineer yang melatih anak didik menguasai materi sesuai track sertifikasi seperti MTCNA, MTCRE, MTCWE, MTCTCE. Sedangkan, kelas industri Aplika Karya Solusi Bisnis Academy merupakan kelas yang fokus pada materi seputar VOIP engineer dan voice over IP (VOIP). Yakni teknologi yang memungkinkan pengguna bisa melakukan telepon atau telekonferensi berbasis internet. “Program hasil kerja sama dengan PT Aplika Karya Solusi Bisnis Jakarta ini telah dimulai sejak pertengahan 2019,” jelas Kepala Kompetensi Keahlian TKJ, Very Setiawan.

Sementara itu, kelas industri ketiga adalah Fortinet Network Security Institute (FNSI) yang merupakan hasil kerja sama dengan Industri Fortinet Amerika Serikat (USA) sejak akhir 2019. Kelas ini fokus pada materi menjadi network security engineer. Targetnya anak didik memiliki kemampuan NSE 1, NSE 2, NSE 4, dan NSE 5. Dan yang terbaru adalah kelas industri Red Hat Academy (RHA) hasil kerja sama industri Red Hat Amerika Serikat (USA) yang baru digulirkan pada awal tahun ini. Kelas industri ini fokus pada materi menjadi system engineer dan DevOps yang mengarahkan anak didik memiliki kemampuan system administration, development operation, dan cloud computing. Materi yang dipelajari seperti RHSA I, RHSA II, RHSA III, RHAD I, RHAD II, hingga Cloud Openstack.

Dalam kelas industri tersebut, anak didik mendapatkan pengajaran terkait fiber optic engineer, wireless engineer (Mikrotik Academy), network engineer (Mikrotik Academy), VOIP engineer (Aplika Karya Solusi Bisnis Academy), network security engineer (Fortinet Network Security Institute) dan system engineer-system administrator (Red Hat Academy).

Di tengah pandemi, pembelajaran tatap muka sudah diterapkan di SMKN 1 Nglegok. Namun, kehadiran anak didik yang ditetapkan maksimal 50 persen dari total 1.893 siswa. Untuk menjaga kesehatan anak didik dari penularan Covid-19, penerapan protokol kesehatan sebagai pencegahan Covid-19 tetap diberlakukan.

Seperti diketahui, SMKN 1 Nglegok memiliki tujuh kompetensi keahlian. Mulai Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik Bisnis dan Sepeda Motor (TBSM), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Elektronika Industri (TEI), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDPM), serta Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) dan Tata Boga (TB). Semua kompetensi keahlian didampingi tenaga pengajar yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Nah, jika ingin tahu lebih lanjut seputar SMKN 1 Nglegok, bisa kunjungi websitewww.smkn1nglegok.sch.id. (*)

(rt/yan/esi/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news